Olahraga

Rumor Dipaksakan, Banten International Stadium Akan Diresmikan 9 Mei

Banten International Stadium (BIS) berkapasitas 30.000 penonton yang dibangun dengan biaya Rp874,13 miliar dinyatakan sudah siap diresmikan. Rencananya, peresmian akan dilakukan pada tanggal 9 Mei 2022.

Demikian dikatakan M Rahmat Rogianto, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (PRKP) Banten dalam rilis Biro Adpim Banten yang dikutip MediaBanten.Com, Sabtu (30/4/2022).

Kadis PRKP Banten menyatakan, peresmian itu direncanakan akan dilakukan Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Wakilnya, Andika Hazrumy. Alasannya, BIS merupakan visi dan misi kepala daerah tersebut.

Namun Kadis PRKP dalam rilis itu tidak menanggapi rumor yang menyebutkan, peresmian itu terkesan dipaksakan menjelang Wahidin Halim dan Andika Hazrumy lengser dari jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur pada tangal 12 Mei 2022 atau tiga hari setelah peresmian BIS.

Rahmat Rogiantoro menyebutkan, BIS memiliki fasilitas olahraga yang berstandar internasional untuk pertanidngan skala nasional, Asean dan internasional.

“Selain itu, dengan adanya stadion ini diharapkan dapat memotivasi serta meningkatkan prestasi atlet olahraga khususnya olahraga sepakbola di Provinsi Banten. Harapan lainnya dengan adanya Banten International Stadium ini bisa menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Banten,” kata Rahmat.

Dikatakan, setelah proses pembangunan BIS ini selesai, diperlukan sosialisasi kepada masyarakat atau khalayak luas bahwa Provinsi Banten telah memiliki stadion sepakbola yang berstandar internasional. Stadion yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Banten.

Masih menurut Rahmat, anggaran pembangunan BIS yang berada di Kawasan Sport Center Curug, Kota Serang itu mencapai Rp 874,317 miliar dari APBD Provinsi Banten yang dilaksanakan secara multiyears.

“Adopsi budaya Banten pada desain BIS terlihat pada fasade bermotif Batik Banten dan gerbang yang mencirikan budaya Banten,” kata Rahmat.

“Bangunan BIS terdiri dari 5 lantai dengan kapasitas tempat duduk penonton sebanyak 30.038 kursi. Fasilitas lainnya tribun VVIP, rumput lapangan zoysia matrela berstandar FIFA, lampu stadion standar AFC, ruangan press conference dan terdapat lintasan atletik berstandar IAAF,” tambahnya. (Biro Adpim Banten / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button