Anggota Komisi IX DPR RI Minta Masyarakat Banten Tak Apatis Terhadap Germas

Foto: Istimewa

Yayat Biaro, anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengajak masyarakat Banten untuk tidak apatis terhadap upaya-upaya pencegahan penyakit dan penyehatan lingkungan, termasuk aktivitas Gerakan Hidup Sehat atau Germas.

“Masyarakat enggak boleh abai, harus tetap menjaga kesehatan, pokoknya konsultasikan segala sesuatunya kepada lembaga terkait seperti Puskesmas yang ada di daerah masing masing,” ujarnya paska memberikan materi pada Sosialisasi Gerakan Hidup Sehat (Germas) yang digelar Dinas Kesehatan Kota Serang di Gedung PKPRI Kota Serang, Rabu (14/3/2018).

Yayat Biaro memberikan pemahaman bahwa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) bukan hanya tempat yang diperuntukan untuk orang sakit saja. Tetapi Puskesmas juga tempat orang sehat berkonsultasi berkaitan dengan kesehatan perorangan maupun kesehatan lingkungan dan masyarakat.

Baca: Mensos dan Wagub Bawa Berobat 4 Anak Penderita Gizi Buruk ke RSUD Banten

“Jadi jangan ketika sakit saja datang ke situ, tapi ketika sehat juga tetap datang. Pasalnya bagi masyarakat ketika sedang sehat datang kesitu bisa bertanya ke dokter terkait antisipasi tentang penyakit yang menular atau kesehatan masyarakat secara menyeluruh,” ujarnya.

Yayat mengatakan, jika masyarakat pro aktif terhadap upaya kesehatan, maka diyakini persoalan masih tingginya angka penyandang penyakit, bisa diturunkan. Selain itu, persoalan klasik tentang cara hidup sebagian masyarakat yang masih belum memenuhi ketentuan kesehatan, bisa diatasi secara perlahan-lahan.

“Kesehatan masyarakat akan tetap menjadi perhatian. Namun persoalan kesehatan tidak bisa diatasi hanya dari instansi-instansi yang berwenang soal kesehatan, masyarakat juga diharapkan bisa berperan serta dalam upaya tersebut. Semua elemen yang terkait kesehatan harus bersinergi untuk mengatasi persoalan kesehatan,” ujarnya. (Adityawarman)

 

Berita Terkait