SIM Gratis Lahir 1 Juni Dari Polda Banten, HUT Bhayangkara Ke-75

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten memberikan pelayanan khusus kepada pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) pada puncak peringatan HUT Bhayangkara ke 75, Kamis (1/7/2021).

Ditlantas menggratiskan biaya perpanjangan baik SIM A maupun C bagi 100 pemohon yang lahir 1 Juli atau bertepatan dengan peringatan Hari Bhayangkara.

“Iya, kuotanya 100 orang hingga tanggal 3 Juli 2021. Adapun hari ini baru 40 pemohon dan sisanya dilakukan pada tanggal berikutnya. Ini berkesempatan mendapatkan pelayanan khusus pembuatan dan perpanjangan SIM A dan C, dalam rangka hari Bhayangkara Ke-75,” kata Kasubdit Regident Ditlantas Polda Banten AKBP Belny Warlansyah di Alun-alun, Kota Serang.

Belny menjelaskan, untuk mendapatkan SIM apresiasi syaratnya harus dipenuhi oleh pemohon, diantaranya lahir pada tanggal 1 Juli dengan identitas kependudukan (KTP) Provinsi Banten, serta lulus tes kesehatan dan psikologi untuk pemohon baru. Sedangkan untuk perpanjangan cukup membawa SIM asli.

Baca:

“Setelah semuanya terpenuhi, kami akan cetak kartu SIM nya. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan dengan Bank BRI. Selain memperoleh SIM apresiasi pemohon juga mendapat bingkisan lainnya,” jelasnya.

Benli berharap, para pemegang SIM dapat menjadi pelopor keselamatan dalam berlalulintas kedepannya. Selain itu, untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19, masyarakat diimbau patuh melaksanakan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari dengan menerapkan perilaku 5M.

“Untuk pemberian SIM gratis ini dalam rangka hari Bhayangkara ke-75 Polri, dengan tema transpormasi polri yang presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 untuk masyarakat Indonesia harapnya,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Candra Lugito, salah satu pemohon warga Kota Serang yang lahir pada 1 Juli 1977 nampak bahagia, karena mendapatkan SIM secara gratis dan bingkisan helm.

“Alhamdulillah sangat membantu, terutama saya sebagai pengemudi,” ujar Candra Lugito saat ditemui wartawan.

Dia mengaku awalnya akan memperpanjang SIM ke Polres. Namun dirinya mendapatkan informasi dari rekannya bahwa bagi yang lahir pada tanggal 1 Juli itu gratis.

“Ada informasi kalau yang lahir tanggal 1 itu gratis. Jadi alhamdulillah ini bisa membantu saya, jadi kan uangnya bisa buat membiayai anak saya yang mau masuk sekolah,” terangnya.

“Semoga Polri semakin sukses dan jaya, serta menjadi terdepan bagi bangsa Indonesia,” sambungnya. (yono)

Berita Terkait