SPI Banten Diminta Berkontribusi Ke Polri dan Masyarakat

Sahabat Polisi Indonesia (SPI) wilayah Banten sudah berdiri. Kehadirannya diharapkan bisa berkontribusi baik antara Polri dengan masyarakat. Masyarakat umum juga bisa bergabung dengan organisasi masyarakat (ormas) tersebut.

“Masyarakat ikut berperan aktifi menjaga harkamtibmas. Siapapun bisa gabung di sahabat polisi, agar bisa mendukung tugas kepolisian. Yang penting itu masyarakat berjiwa polisi, melihat yang tidak benar, dia bisa melapor ke polisi,” kata Dirbunmas Polda Banten, Kombes Pol Yanuarfi, di Kota Serang, Rabu (10/03/2021).

SPI juga diharapkan bisa membantu masyarakat yang terkena dampak covid-19, baik terpapar maupun ekonominya. Terlebih pada saat Ramadan yang akan tiba, anggota ormas itu bisa berbuat baik bagi sesama.

Covid-19 sudah menjadi pandemi satu tahun lamanya. Maka, peran aktif SPI dan seluruh lapisan masyarakat, diharapkan bisa memutus mata rantai penularan corona.

“Kita harapkan ada gerakan, pembagian masker, pembagian sembako, sebentar lagi kan ramadhan. Udah satu tahun ini pandemi, kita tidak tahu kapan akan berakhirnya ini kan,” jelasnya.

Baca:

Pengurus mengaku akan membantu tugas kepolisian, terutama sosialisasi program korps Bhayangkara ke masyarakat luas. Terlebih, Kapolri saat ini, Jenderal Listyo Sigit pernah menjabat sebagai Kapolda Banten.

“SPI organisasi dibuat untuk mensinergikan polri dengan masyarakat, masyarakat dengan polri,” kaya Ketua DPW SPI Banten, Osep Mulyawan Haris, ditempat yang sama, Rabu (10/03/2021).

Menurut Osep, ada program kepolisian yang belum tersampaikan dengan baik ke masyarakat. Seperti sangsi bagi pelanggar protokol kesehatan (prokes) covid-19.

Ketika ada warga yang bepergian dan tidak memakai masker kemudian diberi sangai, menurut Osep, warga itu akan antipati ke polisi. Sehingga dibutuhkan sosialisasi oleh anggota SPI yang merupakan penduduk asli daerah setempat, agar lebih mudah dipahami.

“Dewasa ini kan ada beberapa program polri yang tidak bisa diterima baik masyarakat, tugas SPI ini menjadi jembatan masyarakat dengan polri. Anggota SPI wajib menyampaikan program polri ke masyarakat,” terangnya. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait