Ekonomi

Statistik Pertanian 2023, BPS Banten : Update Kondisi Lahan

Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Banten akan melakukan Statistik pertanian pada bulan Mei tahun 2023 mendatang.

Hal itu dilakukan dengan tujuan menyediakan informasi data penunjang yang dapat digunakan sebagai bahan untuk merencanakan, memonitor dan mengevaluasi perkembangan di sektor pertanian.

Kepala BPS Provinsi Banten, Doddy Herlando mengatakan, bahwa Indikator pertanian merupakan indikator pengukur perkembangan di sektor pertanian yang berasal dari data statistik pertanian yang disajikan secara sederhana agar mudah dipahami.

Sehingga, lanjut dia, untuk penyusunan Indikator pertanian digunakan beberapa macam sumber data dan metode penghitungan angka indeks, distribusi persentase, maupun indikator lain yang mempermudah konsumen data memahami perkembangan di sektor pertanian.

“Sehingga nanti adanya statistik pertanian bisa update kondisi lahan, kondisi petani, kondisi produk atau komoditas, termasuk ada isu isu strategis yang besar. Sehingga bisa menjawab petani milenial,” ungkap Doddy usai menghadiri capacity building di salah satu hotel di Kota Serang, Kamis (8/12/2022).

“Termasuk, sebagai informasi untuk solusi masalah distribusi pupuk, karena dampak perang Ukriana dan Rusia saat ini pupuk menjadi kritis,” lanjutnya.

Doddy menjelaskan pihaknya menyadari, bahwa pertanian ini masih ada penduduk Indonesia yang tergantung dari sektor pertanian. Terutama di desa-desa masih ada yang tergantung hidup nya dari sektor pertanian.

“Segmen masyarakat yang harus kita tolong, karena adanya persoalan ketahanan pangan, kemandirian pangan, kedaulatan pangan, nanti kita isi dengan daĆ¾a data yang relevan dengan kebijakan,” tutupnya.

(Aden Hasanudin / Editor: Abdul Hadi)

Aden Hasanudin
Latest posts by Aden Hasanudin (see all)

SELENGKAPNYA
Back to top button