Untirta Wujudkan Tri Dharma Bersama Relawan Kampung dan FBn

Untirta bersama relawan FBn dan Relawan Kampung bekerjasama untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satunya pengembangan kepedulian sosial kemanusiaan.

Pihak kampus menginginkan pengabdian kepada masyarakat. Karena kampus bukan menara gading. Tapi harus terjun langsung mengabdikan diri, apapun yang telah didapatkan di perkuliahan kemudian diterapkan di masyarakat.

“Harapan kami, mahasiswa ikut berpatisipasi dalam sosial kemanusiaan yang dapat berkontribusi dalam melakukan analisis sosial, pendampingan dan pemberdayaan masyarakat, kampanye, dokumentasi dan publikasi kegiatan sosial kemanusiaan yang diselenggarakan mitra dalam rangka empati dan kepedulian masyarakat,” kata Prof Syihabudin, Dekan FISIP Untirta, Rabu (8/9/2021).

Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, setidaknya ada tiga poin, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Relawan FBn berharap kampus tida hanya mencerdaskan kehidupan bangsa, tapi ikut perduli dan dekat dengan masyarakat, terutama yang mengalami kesulitan. FBn sendiri sudah belasan tahun melakukan berbagai aksi sosial, seperti mendampingi masyarakat miskin, sulit sekolah, bedah rumah, bedah rumah ibadah, hingga terjun ke setiap bencana.

Baca Juga:   Inspektorat Banten Periksa 12 Pejabat Pergi Ke Malaysia Tanpa Izin

“Harapan kami, mahasiswa yang terlibat kerjasama ini terjun langsung ke masyarakat yang membutuhkan bantuan dan mendapatkan banyak ilmu dari para relawan. Sehingga jika lulus nanti, mereka sangat berguna dan diperlukan masyarakat,” kata pendiri FBn, Np Rahadian.

Sementara, dari pihak Relawan Kampung, M Arif Kirdiat mengatkan, banyak yang bisa dikerjakan mahasiswa saat nanti bergabung dengan para relawan. Mulai dari menganalisa laporan infrastruktur rusak, mendokumentasikan hingga bersama-sama membangun.

Berdasarkan data yang ada kini telah membuat ratusan jembatan di seluruh Indonesia, dominan pembuatan jembatan berada di provinsi Banten yang berjumlah puluhan jembatan

“Relawan Kampung Indonesia merupakan yayasan yang bergerak dibidang pembangunan jembatan di pelosok Indonesia, dengan tujuan perndiriannya adalah untuk membantu masyarakat yang tak terjangkau oleh program infrastruktur pemerintah, yang operasionalnya berasal dari kolektif bersama relawan dan donatur dari berbagai lembaga,” kata Arif Kirdiat. (Reporter: Yandhi Deslatama / Editor: IN Rosyadi)

Baca Juga:   KMB Bandung Akan Pertajam Peran dan Fungsi Mahasiswa

Yandhi Deslatama

Berita Terkait