Militer

Yontankfib 2 Mar Gelar Latishar Kendaraan Tempur Kavaleri

Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir mendukung Latihan Taktis dan Pemeliharaan (Latishar) Kendaraan Tempur Kavaleri yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Kavaleri Marinir (Pusdikav Mar) di daerah latihan Bukit Bantolo Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Senin (1/04/2024).

Kegiatan ini dalam rangka membekali ilmu pengetahuan dan keterampilan para Siswa Dikmata XLIII/I Dasar Golongan (Sargol) Kejuruan Kavaleri (Jurkav) dalam kendaraan tempur kavaleri.

Pada kegiatan Latishar tersebut, Siswa Dikmata XLIII/I Sargol Jurkav mendapatkan pembekalan meliputi pengenalan karakteristik Ranpur Tank BMP 3F, PT 76 (M) dan Kendaraan Bengkel jenis TRM 80 (URAL 4320).

Jenis-jenis kesenjataan yang melekat pada Ranpur meliputi senjata GPMG, PKT kaliber 7,62 mm, Canon 30 mm, Canon 90 mm, Canon 100 mm dan Sistem Kendali Senjata (SKS) BMP 3F maupun PT 76 (M) .

Turut meninjau kegiatan Latishar tersebut Komandan Resimen Kavaleri (Menkav) 2 Marinir, Letnan Kolonel Marinir La Ode Jimmy Herizal Rahman yang berkesempatan memberikan pembekalan dan motivasi kepada para siswa yang melaksanakan latihan.

Pembekalan juga dihadiri oleh Danyontankfib 2 Mar, Perwira Staf dan Perwira Yontankfib 2 Mar, Paopsjar serta Perwira Pendamping siswa dari Setakav Pusdikav Mar.

Pada kesempatan tersebut Komandan Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir Letnan Kolonel Marinir Alfredo Yowel Antaribaba dalam arahannya menyampaikan, sebagai prajurit-prajurit muda Kavaleri patut bangga atas materiel yang dimiliki.

Terlepas dari itu, harus mampu mengawaki dan merawat kesenjataan yang melekat pada Ranpur dengan baik, serta keterampilan mengoprasionalkan dengan taktik bertempur menggunakan Ranpur sebagai bekal awal mendarmabaktikan diri di satuan masing-masing.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat datang, selamat melaksanakan kegiatan di Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir, tumbuhkan rasa kebanggaan kepada satuan Kavaleri,” kata Komandan Batalyon Tank Amfibi 2 Mar.

Katanya, untuk para instruktur agar siswa diberi pendidikan secara maksimal agar memperoleh ilmu pengetahuan, arahkan dan beri kebanggaan supaya apa yang didapat hari ini menjadi motivasi dan kebanggaan menjadi prajurit Kavaleri yang profesional di lingkungan Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan tour facility, ibadah sholat dhuhur bersama dan evaluasi kegiatan Latishar pengenalan Ranpur Yontankfib 2 Mar bagi para siswa. (Ahmad Munawir – Menkav 2 Mar)

Editor Iman NR

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button