Prajurit Menbanpur 2 Mar Bersihkan Sungai Buntung Sidoarjo

membersihkan Sungai Buntung

Komandan Resiman Bantuan Tempur 2 Marinir (Danmenbanpur 2 Mar) , Kolonel Marinir Citro Subono memimpin kegiatan program bersih Sungai Buntung tepatnya di bawah Layang Waru, Kedung Rejo, Sidoarjo, Senin (20/01/2020). Ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah Sidoardjo dan sekitarnya.

Danmenbanpur 2 Mar mengatakan, kegiatan program bersih-bersih sungai merupakan kesadaran dan tanggung jawab akan panggilan tugas dan kewajiban sebagai Prajurit Korps Marinir TNI AL bersama seluruh lapisan masyarakat kota Sidoarjo. Ini merupakan pengabdian kepada bangsa dan negara, sekaligus sebagai manifestasi dan solidaritas sosial yang mencerminkan rasa kebersamaan dan gotong royong serta kekeluargaan agar menjadi budaya dari masyarakat Indonesia.”

“Saya harap kegiatan ini dapat bermanfaat dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat sekitarnya, sehingga masyarakat dapat segera keluar dari berbagai beban kesulitan terutama penyakit demam berdarah dan ancaman bahaya banjir. Selain itu, dapat menjadi dorongan dan motivasi bagi masyarakat untuk memelihara lingkungan sehat,” katanya.

Baca:

Sementara itu, Sekda Provinsi Jatim, Heru Tjahnono mengatakan, kegiatan ini merupakan pelajaran bagi masyarakat saat buang sampah sembarangan.

Kegiatan pembersihan Sungai Buntung yang dilakukan secara massal ini untuk memperlancar aliran air yang terhambat parah akibat kayu bekas tebangan, sampah plastik, eceng gondok dan berbagai jenis material sampah lainnya.

Pembersihan ini untuk memperlancar kegiatan tersebut Korps Marinir mengeluarkan 1 Kompi Prajurit Korps Marinir beserta 2 kendaraan 4 x 4 Jeep 13 BT dan Jeep Tobular offr oad 7 K , 2 unit Truck Liaz, sementara IOF Pengda Jatim mengeluarkan L 200 Doubel Cabin Mtsubishi dan BPBD Jatim mengeluarkan Perahu Karet dan alat lainya serta personil pendukung dari Polri, Tagana, Trenggana Satpol PP, Mahasiswa Unair Peduli, maupun Banser. (yosafatRH/menbanpur 2 mar)

Berita Terkait