Hardware

10 Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik

Siapa sangka, pandemi covid 19 membuat trend bermain game meningkat. Banyak orang sering menghabiskan waktu bermain game. Dengan tingginya minat bermain game, tidak heran apabila permintaan laptop gaming ikut tinggi. Supaya tidak rugi, sebaiknya ketahui tips memilih laptop untuk game berikut ini.

Laptop gaming merupakan jenis laptop kelas tinggi karena mampu menjalankan berbagai aplikasi berat yang lebih lancar daripada laptop biasa. Jumlah minimal prosesor di laptop gaming yaitu Intel Core I7-7800HQ atau CPU AMD dengan seri performa yang tinggi. Jadi, tidak heran apabila laptop gaming menjadi impian kaum milenial.

Walaupun, laptop gaming sudah memiliki tipe khusus, namun banyak orang yang belum mengetahui tips memilih laptop gaming terbaik. Oleh sebab itu, perhatikan tips sebelum membeli laptop gaming berikut ini.

10 Cara Memilih Laptop Gaming Berkualitas

Ketika memilih laptop gaming memang ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pasalnya, laptop jenis ini tidak sama dengan jenis laptop biasa. Berikut ini adalah tips memilih laptop gaming berkualitas:

  1. Prosesor Minimal Intel Core i5

Terdapat dua jenis prosesor yang saat ini menguasai PC yaitu Intel dan AMD. Setiap merek laptop memiliki seri yang berbeda. Apabila ingin menggunakan laptop gaming Intel, pilih prosesor dengan label MQ, HQ, atau K.

Namun, jika dananya terbatas pilih laptop dengan prosesor minimal Intel Core i5. Bagi Anda yang menginginkan laptop gaming dengan performa lebih kencang dan tahan lama, pilih prosesor laptop Intel Core i7 dan i9.

  1. VGA GTX 1070 untuk Kualitas Grafis Maksimal

VGA atau biasa disebut kartu grafis merupakan bagian penting pada sebuah laptop gaming. Komponen ini dapat mempengaruhi kualitas tampilan grafis game. Baik dari tampilan karakter, gerakan, atau lingkungan sekitarnya.

Baca Juga:   Persediaan Chip Krisis, Intel Bangun 2 Pabrik Rp290,3 Triliun

Cara memilih laptop untuk game selanjutnya yaitu pilih jenis laptop gaming dengan VGA GTX 1070. Namun, jika tidak terlalu membutuhkan tampilan grafis maksimal, Anda dapat memilih jenis laptop gaming entry level VGA GTX 1050.

  1. Memori Minimum 8 GB

Laptop gaming memang multifungsi, keunggulan laptop gaming tidak hanya untuk bermain, namun dapat menjadi laptop kerja juga. Terdapat banyak ruang atau memori RAM yang berjalan.

Untuk mendapatkan performa laptop yang cukup baik, pilih memori minimal 8GB. Jika ingin performanya lebih cepat lagi, pilih memori yang lebih tinggi yaitu 16 GB atau 32 GB. Anda juga dapat menambahkan memori RAM di kemudian hari.

  1. Layar Minimal Berukuran 15 inci Sampai 17 inci

Biasanya, laptop gaming memiliki layar dengan ukuran 15 sampai dengan 17 inci. Sedangkan, untuk resolusi layar yang optimal yaitu Full HD atau 1920 x 10800 piksel.

Dengan resolusi seperti itu, tentunya sudah cukup bagi Anda memperoleh pengalaman bermain yang optimal. Sedangkan untuk resolusi layar 4K justru lebih cocok bagi orang-orang yang ada di bidang grafis, seperti videografer, fotografer atau desainer.

  1. Port yang Sesuai

Secara umum, laptop gaming memiliki jumlah port yang sudah sesuai dengan keperluan, seperti USB 3.0.

Apabila Anda ingin meningkatkan grafis, pilih laptop gaming yang memiliki port yang sesuai, misalnya USB Type-C Thunderbolt.

  1. Daya Penyimpanan Laptop Sesuai Kebutuhan

Ketika memilih laptop gaming yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan kerja, perhatikan penyimpanan yang sesuai kebutuhan.

Baca Juga:   Gubernur Banten Ajak Bersinergi Membangun di Tengah Pandemi Covid

Jenis penyimpanan pada laptop sendiri terbagi ke dalam dua jenis yaitu hard disk, dan SSD. Jenis SSD memang terbilang lebih mahal, namun jenis penyimpanan tersebut memiliki keunggulan yang tidak ada pada hard disk.

Untuk mendapatkan kecepatan kinerja laptop yang maksimal, sebaiknya pilih penyimpanan SSD. Namun, jika hanya untuk edit dokumen, penyimpanan hard disk juga sudah cukup bagus.

  1. Memilih Ukuran Laptop yang Sesuai

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting ketika memilih laptop gaming untuk kerja yaitu memperhatikan ukuran laptop. Dengan ukuran yang sesuai, maka akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat menggunakannya.

Apabila kebutuhannya hanya untuk edit dokumen, maka ukuran layar 12 hingga 13 inci sudah cukup bagi Anda yang juga memiliki mobilitas tinggi. Sedangkan, jika membutuhkan laptop yang dapat bermain game, edit video atau film, tentunya akan lebih nyaman ketika menggunakan ukuran laptop mulai dari 14 inci ke atas.

  1. Konektivitas Lengkap

Untuk memperoleh laptop gaming yang bisa menjangkau kebutuhan kerja, pilih jenis laptop dengan konektivitas yang lengkap. Misalnya laptop telah terlengkapi dengan port USB, VGA, HDMI, dan juga LAN.

Dengan port yang lengkap dapat membantu Anda melakukan pekerjaan dengan baik. Selain itu, pastikan hardware dan juga software wifi dapat berjalan dengan baik supaya koneksi internetnya dapat terhubung dengan baik.

  1. Memilih Laptop Gaming untuk Kerja

Setelah mengetahui tips memilih laptop gaming terbaik, ternyata kebutuhan laptop gaming tidak sebatas untuk bermain saja. Anda juga dapat menggunakan laptop gaming untuk kerja.

Untuk mendapatkan laptop gaming yang akan Anda fungsikan sebagai laptop kerja, maka memperhatikan spesifikasi laptop merupakan hal yang sangat penting.

  1. Memilih Laptop Gaming Dengan Review Positif
Baca Juga:   Bantu Warga, Samapta Polres Serang Bagikan Paket Sembako

Jika Anda sedang mencari laptop gaming yang juga dapat difungsikan untuk kerja namun harga terjangkau, maka laptop gaming asus bisa menjadi solusinya. Laptop gaming dari Asus adalah salah satu yang selalu mendapat respon positif dari berbagai kalangan. Sesuai dengan namanya, Asus ROG atau Republic of Gamers memang cocok untuk kalangan gamers karena bisa memberikan “feel gaming” yang lebih memuaskan.

Salah satu keunggulannya karena desainnya cooling. Artinya, laptop gaming Asus sudah tentu tidak akan panas seperti pada laptop gaming lainnya.

Itulah cara memilih laptop untuk game yang juga dapat menjadi laptop kerja. Untuk mendapatkan laptop gaming terlengkap, cukup mengunjungi Blibli. Terdapat banyak jenis laptop gaming Asus dengan harga paling hemat. Anda juga bisa memperoleh diskon yang menarik dengan kualitas terbaik di Blibli saja. (Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button