Hardware

Mengenal Server, Tempat Penyimpanan Data dan Informasi

Secara umum, server ialah platform penyimpanan data dan informasi untuk memberikan service kepada client yang terhubung melalui jaringan internet.

Server menyediakan sumber daya storage (penyimpanan) data yang selanjutnya dapat digunakan untuk melakukan beragam layanan. Misalkan website, menerima, mengirim email, dan lainnya.Server menyediakan sumber daya storage (penyimpanan) data yang selanjutnya dapat digunakan untuk melakukan beragam layanan. Misalkan website, menerima, mengirim email, dan lainnya.

Server terdiri atas beberapa jenis untuk memenuhi kebutuhan banyak client, dari email, DNS hingga website.

Itulah alasan sebuah server dapat menghubungkan beberapa client, bahkan saling back-up. Dalam segi bentuk, server terbagi menjadi tiga, yakni bentuk software, hardware dan virtual machine.

Fungsi Server

Beberapa fungsi dari server yang wajib diketahui guna memaksimalkan pengertian server:

• Melayani permintaan komputer client untuk diolah bersama sistem operasi agar lebih cepat dan aman.

• Menyimpan data atau informasi client agar dapat diakses kembali di kemudian hari.

• Menyediakan database untuk dijalankan dan sdiolah oleh pengguna.

• Mengatur lalu lintas transfer data atau file agar tetap aman dan sesuai tujuan penggunaan.

• Mengamankan dari serangan kejahatan siber dengan melakukan enkripsi data.

Jenis Server

Melihat fungsi dan tujuan penggunaan server sebenarnya memiliki banyak jenis. Melalui artikel ini, hanya dapat menjelaskan beberapa jenis server saja.

1. Database Server

Database server adalah jaringan komputer yang memberikan layanan berupa pengelolaan basis data serta menerima permintaan client untuk mengakses basis data pada server.

Database server juga terdiri dari empat jenis, yaitu, relation database, object database, dan relational-object database, flat file database

Fungsi database server sendiri adalah memberikan pengguna berupa layanan big data yang teratur sehingga mudah untuk melakukan pencarian.

2. Game Server

Game server dibuat khusus untuk seorang gamer. Server ini dibuat untuk memberikan sensasi bermain yang lebih baik bagi para pengguna.

Saat ini kebanyakan developer game sering membuat permainan yang berbasis multiplayer online. Sehingga membuat kapasitas permainan terkadang terjadi lag atau error.

Game server terdiri dari dua kategori yaitu, game server eksternal dan game server internal. Server eksternal merupakan penyimpanan data game yang disediakan langsung oleh devoloper game itu sendiri.

Sedangkan server internal merupakan penyimpanan sendiri melalui komputer pengguna. Contoh game server yang bisa digunakan adalah steam.

3. Mail Server

Fasilitas pengeolaan dan penyimpanan data email user yang mempunyai protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) layaknya HTTP. Kemudian, POP3 (Post Office Protokol) berfungsi menerima dan menyimpan email.

Ketika akan mengirimkan email kepada client lain, maka mail server akan mengidentifikasi alamat penerima sebelum mengirim pesan tersebut. Sehingga lebih aman dan menghalau email spam. Mail server banyak digunakan email marketing karena jangkauan penerima lebih luas.

4. Web Server

Web server berupa perangkat lunak berfungsi menjalankan website atau laman. Server jenis ini banyak digunakan sebagai pusat pengaturan ketika akan memproses website dan disimpan dalam berbagai data, seperti HTML, file CSS dan JavaScript serta PHP.

Sebelum memunculkan tampilan website, web server akan menerima dan memproses permintaan browser.

Barulah hasil dikirimkan kembali beserta tampilan laman. Performa web browser dapat terpengaruh akibat traffic akses yang melonjak tajam, Anda perlu memaksimalkan dengan load balancer.

5. Application Server

Hampir sama dengan web server, application server memberikan layanan memproses setiap permintaan akses dari client yang terhubung dengan jaringan stabil. Komunikasi ini dapat menggunakan protokol HTTP.

Umumnya digunakan mengeksekusi suatu prosedur, berupa program script agar dapat berjalan optimal.

Hal yang membedakan application dengan website server terletak pada tampilan konten. Application server lebih ringkas dan dinamis, seperti terdapat object pooling, layanan pesan, aplikasi transaksi.

Cara Kerja Server

Pada dasarnya,Secara pengertian server serta cara kerja server sangat sederhana. Server sebagai tempat media penyedia data dan informasi sesuai permintaan dari client/pengguna.

Setelah permintaan data diterima oleh server,maka akan langsung di proses dan hasilnya akan dikirim kembali kepada komputer client.

Misalnya, komputer client melakukan request data ataupun layanan dari pihak server. Setelah request data diterima oleh server, maka server akan mulai memprosesnya dan hasil tersebut akan dikirim kembali ke komputer client. (Abdul Hadi / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button