Hardware

Yuk Mengenal Mikrotik, Alat Berbagi Akses Internet

Sebelum ada smarthphone, sebagian orang pergi ke warung internet (Warnet) jika ingin dapat akses internet. Koneksi di warnet itu menggunakan sebuah alat yang dinamakan Mikrotik.

Pemilik warnet bisa dengan mudah mengatur pemakaian jaringan internet melalui admin router untuk dibagikan ke komputer user yang ada di area warnet.

Meskipun di era modern kini warnet sudah tidak terkenal lagi, tetapi tekonologi mikrotik untuk akses internet ini masih digunakan sampai sekarang. Mikrotik tetap dipakai untuk keperluan bisinis dan perkantoran.

Apa itu mikrotik ?

Mikrotik merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk mengembangkan layanan internet yang ada menjadi beberapa paket., sehingga bisa digunakan untuk beberapa komputer,

Mikrotik salah satu sistem operasi berupa perangkat lunak digunakan untuk komputer menjadi dijadikan router jaringan.ISP, Warnet atau game onlinemenggunakan mikrotik.

Banyak fasilitas yang ditawarkan oleh mikrotik, di antaranya management bandwidth, statefull firewall, hotspot for plug-and-play access, remote winbox GUI admin, dan routing.

Berikut ini beberapa fungsi mikrotik untuk diketahui.

1. Mikrotik dapat memblokir konten terlarang. Caranya menggunakan proxy mikrotik. Nah contohnya ketika kamu sedang browsing di situs internet terkadang muncul laman website “ Internet Positif” biasanya website tersebut mengandung konten terlarang dan di blokir oleh program pemerintah.

2. Mikrotik berfungsi untuk konfigurasi LAN menggunakan PC Mikrotik Router OS.

3. Dapat digunakan untuk pembagian bandwidth pada jaringan dan bisa juga digunakan untuk billing hotspot.

4. Selanjutnya mikrotik juga dapat digunakan untuk pembuatan PPPoE Server.

5. Fungsi lainnya mikrotik juga dapat memisahkan bandwidth traffic internasional maupun lokal.

Jenis jenis Mikrotik

Jenis mikrotik memiliki dua macam,Yakni RouterOS dan RouterBoard,Keduanya memiliki perbedaan yang mendasar.

1. Mikrotik Router OS

Router OS merupakan perangkat lunak berbasis Unix dan dapat menjadikan komputer biasa menjadi router, firewall, bridge, hotspot,VPS. Dari beberapa survey banyak orang yang lebih memilih router OS karena penggunaan yang mudah dibandingkan RouterBoard.

2. Mikrotik RouterBoard

Routerboard adalah sebuah perangkat keras yang berukuran kecil didalam nya memiliki komponen komponen penting di antaranya ROM, RAM, Prosesor, Memory, Flash.

Untuk harga Mikrotik Routerboard sendiri di banderol kisaran Rp650.000.

Menghindari Peretasan

Mikrotik dapat diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itu seorang admin mikrotik harus melakukan beberapa upaya agar mikrotik tidak dapat diretas.

Berikut beberapa upaya untuk menghindari agar mikrotik tidak retas.

1. Rutin Ganti Pasword

Langkah ini yang paling sederhana untuk mengamankan Wifi. Zaman sekarang siapa yang tidak tertarik WiFi gratis ? salah satu faktor wifi mudah dibobol karena password wifi tidak pernah diganti. Jadi pastikan rutin mengganti password wifi.

2. Rutin Periksa Pengguna

Setelah mengubah password wifi, beberapa pengaturan lain perlu dilihat. Di laman pengaturan, biasanya terdapat daftar siapa saja yang sedang menggunakan WiFi.

(Abdul Hadi / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button