Hardware

Membuat Kabel UTP Straight dan Cross Dengan Mudah dan Cepat

Kabel UTP (UTP cable) merupakan perangkat keras komputer berupa kabel yang digunakan sebagai sebagai penghubung atau transmisi data pada sebuah jaringan.

Unshielded twisted pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan pelindung (shield) internal.

UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus.

Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik.

Kabel UTP memiliki impendansi kira-kira 100 Ohm dan tersedia dalam beberapa kategori yang ditentukan dari kemampuan transmisi data yang dimilikinya seperti tertulis dalam tabel berikut.

Untuk menghubungkan sebuah jaringan komputer pasti membutuhkan kabel. Terdapat 2 jenis kabel yang sering digunakan yakni kabel straight dan cross.

Perbedaan dari kedua kabel ini hanya berada pada susunan warna nya saja. Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat 2 kabel tersebut ? mari kita simak cara pembuatan nya.

Alat yang dibutuhkan :

1. Kabel UTP

Kabel UTP

2. Tang Crimping

3. Konektor RJ-45

4. Lan Tester

Cara membuat Kabel Straight

Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Adapun kegunaan kabel staright :

• menghubungkan antara komputer dengan switch

• menghubungkan komputer dengan LAN pada modem cable/DSL

• menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL

• menghubungkan switch ke router

• menghubungkan hub ke router

Langkah membuat kabel straight

Urutan Warna Kabel

( Urutan warna pada kabel straight)

1. Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 2 cm.

2. Buka pilinan kabel, kemudian luruskan dan urutkan warna sesuai standar agar lebih mudah.

3. Setelah urutan sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel dengan tang crimping

4. Masukkan kabel yang sudah lurus dan sejajar ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan semua posisinya sudah benar.

5. Lakukan crimping dan tekan hingga semua pin ( kuningan) pada konektor RJ-45 sudah mengigit pada tiap kabel tersebut.

6. Lalu lakukan tes pada alat Lan Tester apabila lampu menyala berurutan itu tanda nya anda sudah bisa membuat kabel utp tipe straight.

Langkah Membuat Kabel Cross

Untuk membuat kabel Cross memiliki langkah yang hampir sama dengan kabel Straight, Perbedaannya hanya terletak pada urutan dari kedua ujung kabel.

Berbeda dengan kabel straight yang memiliki urutan warna yang sama di kedua ujungnya, kabel cross memiliki urutan warna yang berbeda pada kedua ujung.

Langkah terkahir dari membuat kabel straight dan cross yakni mengecek kabel dengan LAN Tester.

Caranya masukan ujung kabel ( konektor RJ-45) ke masing-masing port yang tersedia pada LAN Tester. Pastikan semua lampu LED menyala sesuai urutan kabel yang dibuat. (Abdul Hadi / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button