Hardware

Yuk Ketahui Jenis – Jenis CPU Pada Komputer

Dalam perangkat komputer terdapat bagian penting untuk memporses data. Bagian ini sering disebut dengan CPU (Central Processing Unit) yang merupakan otak dari komputer untuk mengatur dan memproses rangkaian kegiatan komputer.

Bagian ini termasuk dari perangkat Pemrosesan Data (Porcessing Device) di komputer. CPU memiliki tiga komponen utama dalam memproses data.

Beberapa komponen tersebut di antaranya, Unit Kendali (Control unit/CU), Unit Aritmatika, Logika dan Register.

1. Unit Kendali : Mengatur dan mengendalikan peralatan yang ada pada sistem komputer serta mengatur kapan alat input menerima data dan dolah dan ditampilkan

2. Unit Aritmatika : Melakukan semua perhitungan aritmatika dan pembandingan

3. Logika dan Register : Membantu melakukan hubungan interface ke memori

Perangkat Pemrosesan Data

Sama dengan halnya perangkat input dan output, perangkat proses juga kerap disebut perangkat keras.

Hal yang membedakannya yakni perangkat proses berfungsi dan berperan sangat penting pada proses pengolahan data yang diberikan perangkat input untuk selanjutnya menjadi data yang ditampilkan pada perangkat output.

Jadi perangkat proses ini saling berkaitan dengan satu sama lain dengan perangkat input dan ouput. Proses pengolahan data dilakukan oleh processor selaku otak komputer. Processor ini dapat bekerja dengan acuan Aritmatika dan Logika Unit (ALU).

Perangkat proses sendiri kerap dianggap sangat penting karena menjadi indikator performa komputer yang baik.

Semakin tinggi spesifikasi yang ada pada suatu komputer, maka kinerja dari proses data semakin cepat yang dilakukan pada sebuah komputer.

Bagaimana bila tidak ada perangkat proses pada suatu komputer ? Anda tidak bisa melakukan olah data sesuai yang diingikan.

Selain prosesor, terdapat juga perangkat proses lainnya yang harus anda tahu, di antarannya CPU, Motherboard, Memory RAM, Power Supply, VGA dan sound card.

Perangkat Pemrosesan

1. Motherboard

Tugas dari motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan baik dan lancar.

Motherboard sendiri memiliki peran yang sangat penting karena menentukan kemampuan. Salah satu fungsi motherboard adalah mengatur dan menemtukan alat yang dipasang pada komputer.

2. Central Processing Unit (CPU)

CPU adalah suatu perangkat proses yang terpasang pada motherboard. CPU sendiri merupakan otak utama pada sebuah komputer yang anda pasang,dan memiliki peran utama dalam proses olah data serta menjalankan perintah komputer. CPU yang umum dipakai perangkat komputer biasanya AMD dan Intel.

3. Power Supply

Perangkat proses berikutnya yakni Power Supply yang berfungsi untuk berubah arus AC menjadi arus DC dan mensuplai tegangan listrik ke perangkat keras komputer seperti ,Motherboard, Hardisk, CD Rom.

Power Supply sendiri terdiri dari dua jenis,yakni power supply jenis AT dan power supply jenis ATX

4. Memory atau RAM

Memory berfungsi untuk menyimpan suatu informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor. Memori kerap disebut sebagai RAM (Random Access Memory).

Perangkat ini berfungsi sebagai media meyimpanan data sementara saat digunakan oleh prosesor. Memori dibagi menjadi dua jenis yaitu internal dan eksternal memori.

5. Video Graphic Adapter (VGA)

VGA memliki peran penting,peran VGA menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA Card,Anda tidak dapat menyalakan layar komputer karena tak akan bisa menampilkan apapun.

6. Sound Card

Sound card merupakan peralatan komputer ,soundcard sendiri memiliki fungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi sinyal suara,Sound card sendiri dibagi menjadi beberapa jenis,yaitu Sound card onboard,sound card offboard dan eksternal.

(Abdul Hadi / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button