Ekonomi

Pameran JITEX Mencatat Transaksi Rp12,8 Triliun

Pameran JITEX atau Jakarta International Investment, Trade, Tourism, and Small Medium Enterprise Expo 2024 mencatat potensi transaksi dan investasi bisnis mencapai Rp12,86 triliun selama pameran 7-9 Agustus 2024.

Pameran JITEX itu diadakan di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center (JCC), menyajikan berbagai produk unggulan di Jakarta dan sejumlah provinsi lainnya.

Pameran B2B2C (Business to Business to Consumer) ini bertujuan mendukung pengembangan investasi produk lokal, termasuk Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) serta pariwisata Jakarta, di kancah internasional.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengapresiasi kinerja seluruh pihak atas terselenggara JITEX 2024. Acara ini juga sebagai wujud dukungan untuk para UMKM dapat terus berkembang hingga mampu bersaing di kancah global.

“Di JITEX 2024, kita bisa melihat semua produk dari binaan Jakarta Entrepreneur yang dipamerkan sekaligus dipromosikan di hadapan banyak buyer serta investor dari berbagai negara,” jelas Ratu, dalam siaran pers Diskominfotik Jakarta yang dikutip MediaBanten.Com, Sabtu (10/8/2024).

Ratu menambahkan, potensi hasil transaksi dan investasi sebesar Rp 12,86 triliun dapat menjadi benchmark dalam menciptakan interaksi bisnis yang lebih baik ke depan.

“Semoga dengan kinerja serta hasil yang baik di JITEX 2024 ini, kita bisa bertemu kembali di JITEX 2025 mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) Budihardjo Iduansjah mengungkapkan, pada ajang JITEX 2024 terdapat buyer serta investor yang berasal dari 10 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Laos, Hong Kong, Filipina, India, China, Polandia, Australia, serta New Zealand.

“Di JITEX 2024 ini terdapat 291 UMKM dan brand lokal yang terlibat menjadi exhibitor. Kami apresiasi total potensi transaksi dan investasi yang terjadi selama tiga hari berlangsung JITEX 2024 sebesar Rp 12,86 triliun,” jelasnya.

Sebagai penutup sesi laporan pada hari ketiga JITEX, turut dilakukan undian serta pemberian hadiah berupa sepeda lipat yang diberikan kepada satu exhibitor yang hadir, yaitu Ashanimora Hijab & Kinrose Craft. Satu unit sepeda lipat tersebut merupakan produksi pelaku UMKM binaan Jakarta Entrepreneur.

JITEX 2024 berlangsung selama lima hari dari Rabu (7/8/2024) hingga Minggu (11/8/2024). Ajang pameran internasional ini dapat terselenggara dengan baik berkat sinergi bersama berbagai pihak, seperti HIPPINDO, Kementerian dan Lembaga, KBRI Malaysia, KBRI Manila, buyer dan investor, serta para stakeholder lainnya. (Siaran Pers Dikominfotik Jakarta)

Editor Iman NR

Iman NR

Back to top button