Banjir Rob Melanda Lontar, Kabupaten Serang Sejak Tiga Tahun

Banjir rob merendam perkampungan di Lontar, Kabupaten Serang. Beruntung, air tidak masuk sampai rumah warga. Peristiwa ini sudah terjadi tiga tahun kebelakang.

“Rumah gak kerendem, cuma masuk ke permukiman warga saja airnya. Sudah lama dari 3 tahun ke belakang lah,” kata tokoh pemuda setempat, Imron (23), melalui pesan elektroniknya, Senin (16/11/2020).

Halaman belakang rumah Imron pun ikut terendam air rob, yang jaraknya hanya sekitar 500 meter dari bibir pantai. Sedangkan perkampungan warga yang berada dipinggir pantai, kondisinya lebih parah.

“Bayangkan saja bagaimana keadaan masyarakat yang tinggal di pinggir pantai,” terangnya.

Baca:

Akibat banjir atau naiknya air laut ke daratan, lahan pertanian warga ikut terendam dan gagal panen.

Begitupun pemilik tambak, mereka mengalami kerugian, akibat hilang atau matinya ikan mereka, akibat tambaknya bercampur dengan air asin.

“Setiap rob pasti air (laut) naik sampai ke permukiman warga, merendam lahan pertanian sampai tembak ikan pada gagal panen,” jelasnya.

Rob (bahasa jawa) adalah banjir air laut atau naiknya permukaan air laut. Rob adalah banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang yang menggenangi , merupakan permasalahan yang terjadi di daerah yang lebih rendah dari muka air laut. DiĀ Semaranf permasalahan Rob ini telah terjadi cukup lama dan semakin parah karena terjadi penurunan muka tanah sedang muka air laut meninggi sebagai akibat pemanasan suhu bumi.

(Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait