Banten Pasang 93 CCTV Pantau Arus Angkutan Lebaran 2018

Foto: Istimewa

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memasang 93 CCTV untuk memantau arus lalu lintas angkutan Lebaran 1439 H / 2018 di Provinsi Banten.

Dalam siaran pers Dinas Kominfo Banten yang ditandatangani Amal Herawan Budhi, Kabid Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publi yang dikirm ke MediaBanten.Com, Jumat (8/6/2018) menyebutkan, pemantaun angkutan lebaran dilaksanakan secara terpadu antara Pemprov Banten, Kepolisian Daerah (Polda) Banten, Dinas Kesehatan Provinsi Banten, PT Marga Mandala Saktu (MMS), beberapa OPD dinLingkungan Pemprov Banten, Orari, Rapi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten.

Tim Koordinasi Angkutan Lebaran 2018 terdiri dari 308 dari Dishub Banten dan 300 personel Polda Banten. Sedangkan petugas tambahan dari kesehatan, Orati, Rapi, peteugas Dishub Kabupaten / kota. Personel itu selain ditempatkan pada pos komando juga ditempatkan pada tempat-tempat strategis untuk memantau angkutan lebaran.

Baca: H-7, Truk Dilarang Menyeberang di Pelabuhan Merak

Pos Komando (Posko) utama angkutan lebaran Pemprov Banten tahun 2018 dibentuk di Terminal Merak, Posko Mercusuar Anyer dan Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.  Dalam posko-posko yang akan disediakan berbagai fasilitas, meiputi tempat istirahat yang mamadai, informasi mengenai arus lalu lintas hingga, petunjuk untuk menggunakan jalan aternatif yang ada di Provinsi Banten, fasilitas kesehatan dan lain-lain.

Posko pemantauan akan mengetahui setiap gejala lalu lintas melalui CCTV yang terpasang di setiap sudut. Kegunaannya, bila dalam arus mudik terjadi kemacetan di daerah Cikupa, petugas bisa mempersiapkan rekayasa lalu lintas dengan segera di daerah kemacetan berikutnya. Misalnya di Merak. Karena apabila di Cikupa mengalami kemacetan, Merak memiliki potensi yang besar menhalami kemacetan serupa.  Melalui Informasi dari CCTV petugas di Merak bisa segera melakukan rekayasa lalu lintas selama 1,5 jam. Karena perjalanan dari Cikupa sampai Merak memerlukan waktu sekitar 1,5 jam.

Rekayasa arus lalu lintas juga akan dilakukan Pemprov Banten di Pintu Tol Cikupa Tangerang dan exit tol Pelabuhan Penyeberangan Merak. Pemprov Banten juga menyediakan kantong parkir guna menampung para pemudik yang akan mempersiapkan kebutuhan sebelum melakukan pelayaran ke pelabuhan bakauheni karena antrian untuk memasiki kapal. Kantong parkir itu di Kelurahan Geram, dekat exit tol Merak. (Siaran Pers Diskominfo Banten)

Berita Terkait