Batik Air Uji Coba Wifi Entertainment Tiga Airbus Saat Terbang

wifi entertaintment batik air

Batik Air (ID) meluncurkan fasilitas terbaru Wireless Fidelity (WiFi) Entertainment On-board atau sistem hiburan di pesawat yang diakses melalui wireless. Pada tahap awal, Batik Air memasang dan melakukan uji coba wifi entertainment pada tiga pesawat Airbus 320-200CEO beregistrasi PK-LAZ, PK-LUH dan PK-LUI.

Demikian dikemukakan Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt. Achmad Luthfie dalam siaran pers Humas Lion Air Group yang diterima MediaBanten.Com, Jumat (15/11/2019).

Penerbangan pertama wifi entertainment berjalan sukses dengan mengusung tema “Dapatkan Hiburan Gratis dari Genggaman” melayani rute Soekarno-Hatta, Tangerang – Makassar; Makassar – Sorong; Sorong – Makassar; Makassar – Surabaya; Surabaya – Makassar; Makassar – Kendari; Kendari – Soekarno-Hatta, Tangerang; Soekarno-Hatta, Tangerang – Gorontalo; Gorontalo – Soekarno-Hatta, Tangerang; Soekarno-Hatta, Tangerang – Ternate; Ternate – Soekarno-Hatta, Tangerang; Soekarno-Hatta, Tangerang – Palembang; Makassar – Palu; Palu – Makassar dan Makassar – Soekarno-Hatta, Tangerang. Selanjutnya akan tersedia pada jaringan Batik Air yang lain.

Partnership penyediaan wifi on-board bersama PT Dua Surya Dinamika (AirFi Indonesia). Untuk pemasangan perangkat tersebut dilakukan oleh Batam Aero Technic (BAT) sebagai pusat perawatan dan perbaikan pesawat member of Lion Air Group.

Proses pemasangan telah mendapatkan sertifikasi dari regulator dan mengikuti aturan pengoperasian pesawat udara. Setiap perangkat yang terpasang pada armada Batik Air, sudah menjalani pemeriksaan dan persetujuan oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Baca:

Inovasi Perusahaan

Batik Air menegaskan, ketersediaan wifi entertainment ialah bagian inovasi perusahaan dalam melengkapi layanan hiburan seperti majalah dan koran yang sudah tersedia di dalam kantong kursi, kelas bisnis dan kelas ekonomi. Keseriusan Batik Air menyediakan wifi on-board adalah program digital pertama Lion Air Group dalam menghadirkan layanan wifi gratis selama penerbangan.

Kehadiran wifi on-board merupakan komitmen dari Batik Air dalam menambah layanan premium service airlines kepada parra tamu berupa media hiburan (inflight entertainment) ketika perjalanan yang dapat diakses menggunakan ponsel, tablet dan laptop. Langkah strategis ini sekaligus mengakomodir dari audio video visual on demand (avod) yang belum tersedia dalam pesawat Batik Air.

Konten layanan dari wifi entertainment yang dapat dinikmati setiap tamu pada penerbangan Batik Air, antara lain video (movies and TV shows), musik video (music), permainan (games), program anak-anak (kids), gaya hidup (lifestyle), Instagram, percakapan tertulis antarpersonal dalam pesawat (on-board chat), berita (news), majalah elektronik (e-magazine) dan fitur lain.

Dalam menjaga keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), Batik Air mewajibkan setiap tamu untuk mematikan ponsel dan koneksi internet saat berada di dalam pesawat, lepas landas dan mendarat serta ketika pesawat dalam posisi di landas parkir (apron).

Fitur wifi entertainment menjamin privasi dan keamanan, karena jaringan AirFi tidak mengizinkan tamu atau pihak lain mengakses data peribadi

Ubah Aturan Ponsel

Untuk mengakses wifi on-board, setiap tamu mengikuti beberapa langkah. Pertama, mengubah aturan (setting) ponsel ke mode pesawat atau airplane mode. Kedua, ubah dalam wifi connection pada ponsel dan pilih Batik Entertainment. Setelah berhasil, para tamu dapat menikmati wifi entertainment Batik Air.

Batik Air mengharapkan, kini setiap tamu semakin mudah melengkapi pengalaman perjalanan (journey) dalam waktu tempuh kurang dari satu jam atau lebih dari satu jam. Hal ini sebagai upaya memanjakan kebutuhan tamu terhadap koneksi internet di udara.

Dalam jangka waktu berikutnya wisatawan atau pebisnis bisa tersambung hiburan penerbangan (inflight entertainment/ IFE). Target IFE system pada 2020 mampu menjadi saluran bertransaksi dalam jaringan (daring) dari udara, seperti pemesanan hotel, sewa mobil, transaksi online lainnya.

Batik Air senantiasa terus mengembangkan konsep full-service sejalan meningkatkan jaringan serta kualitas layanan dengan tetap mengedepankan faktor keselamtan dan keamanan (safety first). Hingga kini Batik Air melayani lebih dari 45 destinasi domestik dan internasional, mempunyai frekuensi penerbangan mencapai lebih dari 350 perhari.

Batik Air mencatatkan rata-rata OTP 92.63% dengan kekuatan armada yang dioperasikan terdiri dari 44 Airbus 320-200CEO (12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi), enam Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi), delapan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi) serta satu Airbus 330-300CEO (18 kelas bisnis dan 374 kelas ekonomi). (Rilis Humas Lion Air Group / IN Rosyadi)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait