Bayi Dengan Kelainan Genetik Dirawat di RSUD Banten

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pemprov Banten kini merawat seorang bayi bernama Raihan ( 2 minggu) yang menderita kelainan berupa tumbuhnya daging di bagian perut hingga ke bagian bawah anus dan tonjolan di pipi yang berbentuk seperti mulut. Raihan masuk ke RSUD Banten dengan status pasien BPJS Kesehatan, hari Selasa (9/1/2018).

Raihan merupakan anak dari Ijong dan Asnawati beralamat di Kampung Ciwayuen, RT 04/ RW 08, Desa Banyumas, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang. Raihan yang merupakan anak kedua lahir pada tanggal 2 Januari 2018 di rumahnya. “Waktu lahir dibantu dengan dukun beranak. Kelahirannya normal, namun terdapat kelainan fisik,” kata Yayat Sunarya, anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Banyumas ketika dihubungi MediaBanten.Com, Kamis (11/1/2018).

Sejumlah anggota BPD Banyumas membawa Raihan ke Puskemas Bojong. Ketika di Puskesmas, Asnawati, ibu Raihan menunjukan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diterimaya. Melihat kartu KIS, anggota BPD Banyumas segera memroses penggunaan kartu BPJS. Kemudian, Puskesmas Bojong merujuk Raihan ke RSUD Banten.

Baca: Wakil Gubernur Banten Bagikan Dana Jamsosratu Ke Warga Miskin di Lebak

Menurut penjelasan dokter RSUD Banten, Raihan bukan menderita penyakit, tetapi lahir dalam kondisi cacat genetik, yaitu tumbuhnya sejumlah organ mulai dari bagian anus hingga ke bagian pusar dan tumbuhnya benjolan besar di pipi. Pada benjolan itu terdapat bentuk yang mirip mulut. Dugaan sementara disebutkan, kemungkinan tumbuh bayi kembar yang tidak jadi atau tidak sangat sempurna.

Menurut para medis di RSUD Banten, Raihan harus dioperasi untuk membuang daging tumbuh yang bukan pada tempatnya. Tindakan operasi itu direncanakan di Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo dengan menggunakan kartu KIS yang diterima dari ibu bayi.

“Dari Pemkab Padeglang memang belum ada bantuan, tetapi Puskesmas Bojong sangat membantu kami membawa Raihan dan pengurusan administrasinya untuk dirawat di RSUD Banten. Di RSUD Banten, kami juga tidak mengalami kesulitan,” kata Yayat, anggota BPD Banyumas yang membawa Raihan dan keluarganya ke RSUD Banten.

Yayat menuturkan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui kondisi Raihan, silahkan hubungi Nomor HP Ijong 083841427717. “Semoga ada masyarakat yang mau mengikhlaskan sebagian rizkinya untuk membantu biaya pengobatan,” ujar Yayat.  (Adityawarman)

Berita Terkait