Keuangan

Bisa Transaksi Antara Negara, QRIS Diganjar Penghargaan Qorus

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang memungkinkan transaksi pembayaran secara lintas batas negara, meraih gold award, atau menjadi yang terbaik dalam ajang internasional Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 untuk kategori ÔÇťOperational Efficiency” di Thailand (22/11/2023).

Kategori efisiensi operasional menunjukkan bahwa QRIS telah berperan dalam meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran dalam memfasilitasi aktivitas ekonomi antarn egara secara lebih mudah dan aman bagi masyarakat dan pelaku usaha, khususnya UMKM dan mendukung konektivitas pembayaran inklusi.

Dengan diterimanya penghargaan tersebut, Qorus menilai QRIS sebagai inovasi yang memenuhi kriteria di antaranya orisinalitas yaitu sebagai ide yang unik, bermanfaat dalam jangka panjang, berlaku universal secara lintas negara, dan teruji.

Qorus Reinvention Awards Asia Pacific 2023 merupakan penghargaan terhadap inovasi lembaga keuangan dalam skala besar yang membentuk masa depan jasa keuangan di suatu kawasan. Penghargaan ini bermanfaat untuk mendorong budaya berinovasi di lembaga keuangan.

Qorus berkedudukan di Prancis merupakan lembaga independen yang berpengalaman 50 tahun di dalam memberikan konsultasi, penyelenggaraan acara, komunitas global sebagai katalisator lembaga keuangan, khususnya perbankan, untuk mengoptimalkan potensi digital yang membantu kebutuhan masyarakat.

QRIS sebagai bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, diluncurkan BI bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada tanggal 17 Agustus 2019.

Dalam perkembangannya, QRIS telah memfasilitasi konektivitas pembayaran antarnegara sejak tahun 2022, dengan cakupan Malaysia, Thailand, dan kini merambah Singapura yang baru diluncurkan pada tanggal 17 November 2023.

Sinergi yang kuat antarnegara khususnya di kawasan dalam payung Regional Payment Connectivity (RPC) menjadi salah satu strategi utama dalam perluasan akseptasi QRIS yang akan bermanfaat besar diantaranya sektor perdagangan dan pariwisata, khususnya bagi pelaku UMKM.

Hingga Oktober 2023, jumlah merchant QRIS telah mencapai 29,6 juta merchant (92% adalah UMKM).

Sejalan dengan perkembangan itu, transaksi QRIS Antarnegara Indonesia-Thailand dan Indonesia-Malaysia juga terus tumbuh positif dengan jumlah transaksi pada Oktober 2023 tercatat sebanyak 59 ribu transaksi.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus melakukan perluasan kerja sama interkoneksi pembayaran QR dengan negara mitra lainnya untuk mengakselerasi integrasi ekonomi dan keuangan digital. (Siaran Pers Departemen Komunikasi Bank Indonesia)

Editor Iman NR

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button