Cegah Covid, Pemkot Tangerang Sebar 502.000 Masker ke Warga

Pemerintah Kota (Pemkot) menyalurkan 502.000 masker kepada warga di 1.004 Rukun Warga (RW) Kota Tangerang. Bantuan tersebut sebagai upaya Pemkot Tangerang untuk cegah Covid -19.

Wakil Wailkota Tangerang Sachrudin mengatakan, dengan bantuan ribuan masker itu diharapkan masyarakat bisa meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Misalnya, saat beraktivitas ke luar rumah memakai masker. Tindakan ini untuk cegah covid 19 menyebar lebih luas.

“Masker harus dipakai saat beraktivitas keluar rumah ditengah pabdemi Covid-19 seperti sekarang,” kata Sachrudin, Minggu (11/10/2020).

Di Kota Tangerang, angka kasus pasien Covid-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) menunjukan peningkatan. Oleh karena itu, dengan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah bisa meminilisir terpaparnya Covid-19.

“Jadi dengan memakai masker kita bisa mencegah terpapar Covid-19, apalagi angka pasien OTG di Kota Tangerang menunjukan kenaikan,” imbuhnya.

Selain mengimbau masyarakat disiplin memakai masker, Sachrudin juga mengimbau masyrakat untuk disiplin menjaga jarak dan sering mencuci tangan pakai sabun.

“Virus corona masih mengintai tanpa kita sadari, oleh karenanya disiplin menerapkan protokol kesehatan merupakan pertahanan pertama agar tidak terpapar Covid-19,” pungkasnya.

Sebekumnya, Kota Tangerang ditetapkan sebagai zona oranye, yang merupakan resiko tingkat sedang. Sebelumnya, kota ini dikatagorikan zona merah. Penurunan zona ini dinilai keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam menekan penyebaran Covid 19.

Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah menjabarkan penurunan status menjadi zona oranye Kota Tangerang tak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang, salah satunya melalui penyediaan fasilitas isolasi bagi masyarakat terkonfirmasi Covid19 dengan status tanpa gejala.

“Kemarin Hotel Kyriad sudah operasional dan hingga saat ini sudah 51 kamar yang terpakai dari total kamar yang tersedia sebanyak 165 kamar,” terang Wali Kota saat ditemui di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa, (6/10/2020).

(Rivai Ikhfa)

Berita Terkait