Danmenkav 2 Mar Tinjau Tanaman Hidroponik dan Pembuatan Kompos

Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar), Kolonel Mar Kakung Priyambodo meninjau pembibitan hidroponik, pembuatan kompos organik, penanaman bibit sayur dan penebaran ikan oleh Pengurus Jalasenastri Cabang 5 Korcab Pasmar 2 di Trian Soepraptono Ujung, Surabaya, Rabu (6/5/2020).

Budidaya tanaman Hidroponik bisa digunakan sebagai alternatif dalam bercocok tanam. Ini mengingat terbatasnya lahan yang dimiliki. Program ini juga mendukung program Pemerintah tentang ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19.

Berbagai jenis sayuran dengan mudah bisa ditanam secara hidroponik. Sarananya bisa menggunakan paralon atau botol bekas.

“Tanaman dapat ditempatkan dimana saja. Yang penting pada saat hujan tanaman tidak terkena hujan secara langsung karena akan mempengaruhi kandungan nutrisi dalam air yang menjadi media penanaman tersebut,” kata Danmenkav 2 Mar.

Danmenkav 2 Mar menjelaskan, pertumbuhan tanaman memerlukan sinar matahari yang cukup dengan kelembaban tertentu. Tanaman ini juga memerlukan perawatan yang terampil sehingga tanaman dapat berkembang sesuai yang diharapkan.

Tanaman yang cocok ditanam dengan teknologi ini antara lain tanaman sayuran seperti selada, sawi, kangkung, terong dan berbagai sayuran lainnya.

“Dengan adanya lahan hidroponik ini ibu-ibu Jalasenastri Cabang 5 terus berpartisipasi dalam mendukung Program ketahanan pangan mandiri. Apa yang dilaksanakan oleh Jalasenastri Cabang 5 ini hasilnya bisa dirasakan oleh Prajurit dan keluarga, yang tentunya sehat karena organik tanpa menggunakan bahan kimia atau pestisida,” kata Damenkav 2 Mar.

Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai Protokol kesehatan penanganan Covid-19 seperti masker, hand sanitizer maupun melaksanakan physical distancing, ibu ibu pengurus Jalasenastri melakukan aktifitas penanaman bibit sayuran lahan hidroponik. Ibu-ibu membuat kompos organik, dan penebaran ikan Nila di kolam Jalasenastri Cabang 5 Korcab Pasmar 2. (Kpt Kukuh/Kav2)

Berita Terkait