Dinas Pertanian Gelar Validasi dan Verifikasi Data Peternakan

Foto: Adityawarman

Keberhasilan pembangunan peternakan ditentukan perencanaan yang baik. Dan, penyusunan rencana itu berdasarkan data yang valid dan terkini. Karena itu, petugas data sangat penting untuk memahami data statistik peternakan.

Agus Tauchid, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten mengatakan, data statistik, fungsi dan kesehatan peternakan di semua wilayah sangat dinamis. “Dan data itu sangat diperlukan dalam penyusunan perencanaan pembangunan dan anggaran bidang peternakan,” kata Agus Tauchid, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten dalam siaran pers yang diterma MediaBanten.Com, Jumat (16/3/2018).

Kepala Dinas Pertanian Banten mengemukakan pentingnya data dalam acara Rapat Verivikasi dan Validasi Data Fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan di Audotorium Dinas Pertanian Provinsi Banten, Kamis (15/3/2018). Rapat verifikasi ini bertujuan menyinkronkan dan memvalidasi data-data yang sudah atau yang akan dikumpulkan oleh petugas pengumpul data.

Menurut Agus, data fungsi peternakan dan kesehatan hewan tidak sekadar berisi angka-angka, tetapi melibatkan semua fungsi di lingkup peternakan. Data-data itu harus divalidasi setiap tahun baik di tingkat provinsi maupun nasional. Karena itu, dalam proses verifikasi, Dinas Pertanian melibatkan pejabat dan petugas yang menangani fungsi teknis seperti budidadaya, perbibitan, pakan, kesehatan hewan, kesmavet dan paska panen. “Saya mohon untuk berkerja sama dengan baik agar data menjadi valid, terkini dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya. (Adityawarman)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait