Ditlantas Polda Banten Gelar Cerdas Cermat SMS/SMK Soal Keselamatan Berkendaraan

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten, memiliki cara yang unik dalam memberikan sosialisasi tentang keselamatan berkendara di jalan raya kepada para siswa tingkat SMA/SMK di Banten. Para siswa, diadu dalam lomba cerdas cermat untuk menguji sejauh mana wawasan mereka perihal kesadaran berlalu lintas.

Puluhan siswa yang berasal dari SMA/SMK di Banten tampak antusias mengkuti lomba cerdas cermat yang digelar di Aula Taman Lalu Lintas Mapolda Banten, Selasa (29/1/2019). Masing-masing sekolah, mengutus tiga siswa andalannya untuk menjawab pertanyaan yang diajukan Ditlantas terkait aturan-aturan dan tata tertib berkendara di jalan raya.

Wadirlantas Polda Banten AKBP Maesa Soegriwo mengatakan, pelaksanaan lomba cerdas cermat kali ini merupakan rangkaian acara Millenial Road Safety Festival (MRSF) yang puncaknya akan digelar pada 23 Maret 2019. Siswa yang berhasil menjuarai perlombaan tersebut, juga akan diikutsertakan dalam puncak acara MRSF.

“Lomba cerdas cermat piala Kapolda ini dalam rangka untuk puncak acara bulan Maret nanti. Kami sasar kepada siswa SMA/SMK, karena mereka bagian dari generasi millenial yang berusia 18 sampai 35 tahun,” kata Maesa kepada wartawan.

Baca: Kapolda Pimpin Upacara Sertijab Dirreskrimsus Polda Banten

Menurut mantan Kapolres Demak itu, ada 6 sekolah yang mengikuti lomba cerdas cermat. Keenamnya, merupakan sekolah yang telah  menjuarai kegiatan serupa di masing-masing kabupaten/kota yang ada di wilayah hukum Polda Banten.

“Sebelumnya diawali lomba di kabupaten/kota. Ada 6 juara, kemudian mereka dipertandingkan di sini. Nanti juga bukan hanya lomba cerdas cermat, nanti ada lomba foto, band, menggambar. Yang baru pertama baru dilaksanakan itu memang cerdas cermat,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, ia berharap para remaja yang masih berstatus sebagai siswa tingkat SMA/SMK di Banten agar lebih menyadari tata tertib dan aturan dalam berlalu lintas. Sebab, anak-anak remaja tercatat menjadi korban yang rentan akan kecelakaan di jalan raya. “Kita tekankan, minimal mereka punya pengetahuan di bidang lalu lintas. Sehingga di jalan bisa memahami semua aturan-aturanya,” tutur Maesa.

Selain untuk wawasan pribadi, ia juga mendorong siswa yang telah mengetahui aturan-aturan berlalu lintas, agar memberikan pemahaman dan mengajak rekannya yang lain supaya lebih menyadari pentingnya tertib saat berkendara di jalan raya.

“Mudah-mudah dia bisa menyampaikan ke yang lain. Rencananya kami juga akan menggelar kegiatan ini secara rutin. Selain memang pencanangan Korlantas Polri, antusiasme para siswa dan masyarakat lainnya juga sangat tinggi menyambut kegiatan ini,” ucapnya. (yono)

Berita Terkait