Mozaik

Dompet Dhuafa Perkenalkan Program Mobile Podcast Bertamasya

Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) 2023 di Pos Bloc, Pasar Baru, Jakarta Pusat resmi dibuka pada Minggu (29/1/2023) pagi. Sesaat usai seremoni, Dompet Dhuafa mengenalkan program komunikasi terbarunya, yakni Mobile Podcast Bertamasya: Bercerita Program Pemberdayaan Masyarakat.

Mobile Podcast ini dikemas dalam bentuk mobil yang dimodifikasi menyerupai studio podcast.

Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Yayat Supriyatna mengatakan, program ini merupakan upaya Dompet Dhuafa untuk mensyiarkan kebaikan melalui obrolan-obrolan menarik yang digandrungi para Milenial dan Gen Z.

Mobile Podcast Bertamasya juga dihadirkan untuk mengabarkan kepada donatur dan masyarakat tentang peristiwa maupun bencana sosial kemanusiaan secara real time. Tujuannya, agar kita semua dapat merespons kejadian tersebut dengan cepat dan tepat.

“Jadi nanti kalau ada bencana alam, kalau ada respons, bertemu dengan siapa, itu kami yang mendatangi subjeknya, bukan kami undang ke studio kami,” katanya.

General Manager (GM) Komunikasi Dompet Dhuafa, Dian Mulyadi sebagai orang yang mengepalai program ini pun berharap agar Mobile Podcast Bertamasya dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat untuk mengetahui kejadian sosial kemanusiaan terkini, dan juga tentunya tentang program Dompet Dhuafa sendiri.

“Harapannya Mobile Podcast ini bisa menjadi percepatan dalam rangka mengakses sumber-sumber informasi kemanusiaan, baik kebencanaan, sosialisasi, kemudian edukasi dan segala macam yang berkaitan dengan kemanusiaan,” ujarnya.

“Dengan adanya Mobile Podcast, Dompet Dhuafa bisa langsung terjun mengabarkan kepada masyarakat, terutama dalam hal ini para aghniya atau para donatur agar tahu kondisi yang terjadi jadi secara real time, Insyaallah,” terangnya.

Dian Mulyadi juga mengatakan bahwa pada tahap awal, mobile podcast ini akan beroperasi di wilayah Jabodetabek. Namun, ke depan tidak menutup kemungkinan Mobile Podcast ini akan digerakkan hingga ke luar wilayah Jabodetabek, tergantung dengan situasi, kondisi, dan urgensinya.

“Tidak menutup kemungkinan suatu saat mobile podcast akan dilakukan mobilisasi ke cabang-cabang Dompet Dhuafa yang tersebar di 29 provinsi. Jadi, sangat mungkin ia digerakkan ke mana saja,” pungkas Dian.

Mobile Podcast Bertamasya ini akan beroperasi dengan seorang sopir dan tim siaran, serta dioperasikan dengan cara berkeliling ke tempat-tempat objek pembahasan. Materi pembahasan yang menjadi konten dari podcast ini juga tak lepas dari lima pilar Dompet Dhuafa, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial-dakwah, dan budaya.

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial.

Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (M Fatzry – Dompet Dhuafa)

Editor: Iman NR

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button