Gula Aren Banten Bakal Diekspor Ke Manca Negara

Kabar gembira bagi petani yang memproduksi gula aren di Banten. PT Okouri Bumi Nusantara menyiapkan pasar untuk gula aren Banten yang mulai terkenal. Pasarnya yang disiapkan tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga ke manca negara. Harga beli di tingkat petani sekitar Rp27.000per Kg.

Kabar gembira itu terungkap dalam Letter Of Intent (ketertarikan) antara petani produsen gula aren Banten, Kube Manda dan Kube Mandiri dengan PT Okouri Bumi Nusantara yang disaksikan Dinas Pertanian Banten di Gedung Dinas Pertanian Banten, KP3B, Curug, Kota Serang,Kamis (13/12/2018). Hadir Kepala Dinas Pertanian Banten Agus Tauchid dan Kristiani Maselita, Asisten Supervisor PT Okouri Bumi Nusantara.

Kadis Pertanian Banten, Agus Tauchid mengatakan, tanaman aren di Banten sudah dikembangkan menjadi tanaman budi daya yang besar. Potensi besar tanaman aren yang kemudian diolah menjadi gula aren itu diharapkan menjadi nilai tambah bagi petani, sekaligus menjadi salah satu cara untuk menyeimbangkan pertumbuhan antara utara dan selatan di Banten.

“Perlu diketahui, gula aren Banten sudah bersertifikat internasional terkait dengan olahan organik. Sertifikat itu dari Uni Eropa. Khusus untuk kami, dalam RPJMD Banten, aren menjadi salah satu target, berarti kami harus mengembangkan dari hulu ke hilir soal tanaman aren ini,”katanya.

Baca: Walikota Serang: Terminal Cipocok Akan Ditinjau Ulang

Agus Tauchid mengaku mengandalkan varietas tanaman aren Banten bernama Aren Parasi yang tumbuh di Desa Barunai, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Varietas ini dikembangkan sejak tahun 2014. Keunggulan tanaman Aren Parasi adalah produksinya lebih cepat 6-8 tahun, batang pendek, kadar gula nira sekitar 14% dan produksi sekitar 15 liter per hari.

Sementara itu, Kristiani Maselita, Asisten Supervisor PT Okouri Banten Nusantara mengatakan, perusahaannya memilih gula aren Banten karena sudah ada sertifikasi organik dari lembaga internasional. Dengan sertifikasi organik ini, perusahaan lebih mudah mengekspor gula aren. “Produk organik saat sudah menjadi gaya hidup secara nasional maupun internasional. Itu suatu pasar yang besar,” katanya.

Ekspor produk organik dari PT Okouri Bumi Nusantara masih ke negara-negara di Asia.“Kami juga sedang merintis untuk ekspor ke Kanada dan negara-negara Eropa,” katanya.

Letter of Intentadalah suatu surat resmi bisnis yang secara hukum tidak mengikat para pihak tersebut didalamnya dibuat untuk menyampaikan ketertarikan bisnis secara serius, rinci, ringkas dan jelas. Tindak lanjut letterof intent dan transaksi yang akan dilakukan, dankemampuan untuk melaksanakannya, kepada pemilik bisnis, pengusaha,atau perusahaan lain. (Adityawarman)

Berita Terkait