Ekonomi

Coran Dermaga 4 Pelabuhan Merak Jatuh, 4 Pekerja Dibawa Ke RS

Sejumlah pekerja konstruksi mengalami kecelakaan kerja di Dermaga 4, Pelabuhan Merak, Kota Cilegon. Peristiwa itu diduga terjadi Senin, 30 Agustus 2021, sekitar pukul 16.40 wib. Berdasarkan informasi yang beredar, kecelakaan kerja itu menimpa empat orang saat coran tiang pancang jatuh di Dermaga 4 Pelabuhan Merak.

Saat itu, pekerja tengah memindahkan cor-coran dari mobil truk pengangkut coran ke tiang pancang menggunakan crane. Tiba-tiba tali crane yang mengikat bucket coran putus dan jatuh. Diduga akibat itu, empat pekerja yang berada di atas bucket coran tersebut ikut terjatuh.

“Betul ada kecelakaan kerja di Dermaga 4 Pelabuhan Merak,” kata AKP Arief Nazarudin, Kasatreskrim Polres Cilegon, Selasa (31/8/2021).

Akibat kejadian tersebut, para pekerja langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Belum diketahui ada korban meninggal dunia atau tidak. Polisi menyatakan korban kecelakaan kerja di pelabuhan milik BUMN itu lebih dari satu orang.

Baca Juga:   Travel Bawa Pemudik. Polisi; Uangnya Mending Transfer Ke Orangtua

Pengertian Kecelakaan Kerja itu merupakan insiden yang dapat menyebabkan cedera, dan juga bisa terjadi kematian. Pengertian Keadaan Darurat merupakan keadaan yang begitu sulit yang diduga memerlukan penanganan segera agar tidak terjadi kecelakaan dan juga insiden.

Pengertian Nearmis adalah insiden yang tidak menimbulkan cedera, penyakit yang terdapat ditempat kerja, dan juga kematian.

Perbedaan antara kecelakaan, insiden, nearmis. Sering kita lihat di tv insiden tabrakan yang terjadi di suatu tempat dan lain sebagainya. Kecelakaan akan menyebabkan kerugian yang didapat oleh orang yang mendapatkannya.

Kecelakaan ini bisa terjadi pada apa saja termasuk pada setiap orang. Kerugian melibatkan terjadinya kecelakaan pada manusia seperti contohnya luka berat, patah tulang, kematian dan lain sebagainya yang sering menjadi perhatian setiap orang.

Lalu kerugian dapat juga menimpa apa saja selain manusia yang melakukannya seperti contohnya kekayaan, kerusakan peralatan, kehilangan waktu pada saat bekerja, berkurangnya kualitas bekerja, berkurangnya minat bekerja, dan bisa saja terjadi kebangkrutan yang terjadi pada perusahaan ditempat kita bekerja.

Baca Juga:   Sebanyak 719 Ton Komoditas Pertanian Banten Diekspor Ke Tiga Negara

Kejadian penyakit akibat bekerja merupakan hasil dari serangkaian kejadian yang terjadi. Kecelakaan itu tidak terjadi oleh satu sebab, tapi terjadi karena banyak hal yang membuatnya terjadi dalam kejadian itu, kecelakaan dapat dibagi sebagai penyebab langsung dimana dirinya sangat dekar hubungannya dengan kejadian kecelakaan, penyebab tidak langsung dan ada juga penyebab dasar yang akan terjadi.

Bahaya adalah sumber yang sangat berpengaruh yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan seperti cedera, sakit, kerusakan pada lingkungan. Bahaya merupakan suatu karakteristik yang menjadi satu dan bisa juga disebut dengan melekatnya semua dan berkumpul pada suatu bahan, peralatan atau kondisi.

Penting untuk memahami konsep bahaya. Pemahaman yang keliru mengenai konsep bahaya yang bisa menyebabkan dan mengakibatkan bentuk pengadilan bahaya yang tidak efektif. Bahaya juga berkaitan dengan adanya energi agar dapat menimbulkan kecelakaan, maka harus terjadi kontak dengan energi. (Reporter: Yandhi Deslatama / Editor: IN Rosyadi)

Baca Juga:   Burung Tabrak Pesawat, Wings Air Alami Delay 120 Menit di Bandara Samratulangi

Yandhi Deslatama
SELENGKAPNYA
Back to top button