Gubernur: Ilmuwan Pertanian Diminta Bertani, Jangan Hanya Mengajar

Foto: Pemprov Banten

Gubernur Banten Wahidin Halim meminta kepada ilmuwan pertanian untuk ikut membuka lahan dalam mengembangkan pertanian dan kesejahteraan petani. Hal tersebut disampaikan WH mengingat kebanyakan ilmuan pertanian yang hanya sebatas mengajar ilmu yang dimiliki tanpa memiliki lahan untuk digarap.

“Makanya saya minta para ilmuan pertanian, mari kita buka lahan,” ujar Wahidin saat membuka Seminar Nasional dan Rapat Tahunan Dekan (SEMIRATA) Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS – PTN) bidang pertanian wilayah barat di Hotel Horison Ultima Ratu, Rabu (4/7).

Dalam sambutannya juga dijelaskan, sesus pertanian mengungkapkan proporsi luas wilayah Provinsi Banten yang telah digunakan usaha pertanian mencapai 78,4 persen dari luas daratan. Dengan pertumbuhan penduduk di Banten yang lebih cepat dibanding pertumbuhan produksi pangan menggambarkan bahwa potensi sektor pertanian di Banten masih besar.

Baca: Pemprov Banten Akan Luncurkan Kartu Multiguna Bagi Penerima Bansos

“Saya mau bekerjasama dengan UNTIRTA, saya mau bekerjasama dengan dekan. Ayo bagaimana caranya,” ungkapnya.

Senada dengan Gubernur, Ketua BKS – PTN Wilayah Barat Agus Sabti mengajak perguruan tinggi untuk mengembangkan pengetahuan dan kreatifitasnya di bidang pertanian untuk generasi selanjutnya sehingga kedaulatan pangan bisa nyata dirasakan.

“Bagaimana peran perguruan tinggi mampu mentransfer pengetahuan dan kreatifitas bagi generasi kedepan. Target kita bagaimana kedaulatan pangan tidak hanya sebagai simbolis, tapi bisa kita wujudkan,” ajak Arif. (Subag Peliputan dan Dokumentasi Pemprov Banten)

Berita Terkait