Wagub Paparkan Pembangunan Banten Dalam Reuni IKA Pasca Unpas

Ikatan Alumni Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung menggelar reuni sekaligus sarasehan di kampus Pascasarjana Unpas, Jalan Sumatera, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (27/7). Wakil Gubernur Banten yang juga Ketua IKA Pasca Unpas memaparkan progres pembangunan di Banten di bawah kepemimpinannya bersama Gubernur Banten Wahidin Halim dalam 2 tahun terakhir ini.

Diungkapkan Andika, Pemerintah Provinsi Banten fokus pada pembangunan sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat. Di bidang pendidikan, kata Andika, Pemprov Banten telah mengeluarkan Kebijakan pendidikan gratis melalui Peraturan Gubernur Banten Nomor 31 Tahun 2018 tentang Pendidikan Gratis pada SMA/ SMK/ SKh Negeri.

Selanjutnya, kata Andika, aspek upaya penurunan angka kemiskinan dan pengangguran juga merupakan salah satu isu strategis dalam RPJMD Pemerintah Provinsi Banten tahun 2017- 2022. Pemerintah Provinsi Banten telah mengacu pada skema perencanaan dan penganggaran yang berpihak pada masyarakat miskin (pro-poor planning and budgeting), yang terintegrasi di antara beberapa OPD dan stakeholder terkait.

“Salah satu kluster program pro poor Pemerintah Provinsi Banten, kata Andika, adalah program jaminan sosial rakyat Banten bersatu (Jamsosratu),” imbuhnya.

Baca:

Data BPS

Andika mengatakan, data BPS Provinsi Banten menunjukkan bahwasanya pada Bulan Maret 2019 angka kemiskinan mengalami penurunan yang signifikan mencapai 5,09 persen, atau mengalami penurunan 0,16 poin dibanding periode sebelumnya sebesar 5,25 persen.

Menurut Andika, Pemerintah Provinsi Banten memiliki komitmen dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, baik melalui kebijakan koordinasi dan dukungan anggaran yang dituangkan dalam program kegiatan. “Diantaranya yaitu program bantuan sosial, dukungan anggaran bantuan social,” ujarnya.

Berkenaan dengan capaian-capaian tersebut, lanjutnya, sinergitas antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, industry dan masyarakat atau dikenal dengan quadruple helix perlu terus ditingkatkan. Menurut Andika, program CSR berbasis pemberdayaan masyarakat dapat menjadi salah satu program dalam turut mewujudkan visi PB Paguyuban Pasundan mencerdaskan anak bangsa dan “merangan kokoro”.

“Selaku Ketua IKA Pascasarjana Universitas Pasundan saya mendukung dan mengajak seluruh pengurus IKA Pascasarjana Universitas Pasundan untuk turut bersama dapat mengimplementasi visi dan misi Pengurus Besar Paguyuban Pasundan tersebut,” katanya.

Sebelumnya, dalam acara reuni, Andika selaku Ketua IKA Pascasarjana Unpas menyerahkan piagam penghargaan kepada Rektor Unpas Prof Eddy Jusuf dan Ketua Paguyuban Pasundan Didi Turmudzi. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus yang juga merupakan alumni dari Unpas Bandung. (Siaran Pers Tim Media Wagub Banten)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait