Jelang Tahun Baru, Polres Serang Tertibkan Petasan dan Miras

Foto: Yono

Suasana kondusif menjelang dan malam pergantian tahun menjadi perhatian jajaran Polres Serang. Untuk menciptakan suasana aman dan nyaman, distribusi dan pesta minuman keras dan pembakaran petasan menjadi sasaran yang akan ditertibkan.

“Pengaman pusat keramaian yang dijadikan tempat berkumpul remaja akan kita awasi. Kita siapkan personel patroli baik menggunakan roda empat maupun roda dua. Kita punya personil Puma’s (Polisi untuk Masyarakat), untuk menjangkau wilayah rawan di kampung-kampung tempat anak muda kumpul,” kata Kasubag Dalops Polres Serang, AKP Firman Hamid saat press conference kesiapan pengamanan tahun baru 2018 di Polres Serang, Sabtu (30/12/2017).

Firman mengaku untuk jalur arteri mulai dari Cikande Asem hingga Ciruas pihaknya telah mendirikan empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan. “Sebelum Operasi Lilin Kalimaya, kita sudah lakukan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) untuk menyisir tempat-tempat penjualan miras dan pasar yang menjual petasan,” kata dia didampingi Paur Dalops Iptu Hufron.
Dalam mendukung program ini, kata Firman,  personil Satuan Binmas juga dilibatkan melakukan imbauan dan memasang spanduk untuk tidak terlalu melakukan euforia merayakan tahun baru dengan menenggak miras dan membakar petasan. “Petasan tidak boleh digunakan di masyarakat terkecuali di tempat wisata yang punya izin. Itupun hanya kembang apinya saja untuk menghindari kebakaran,” tuturnya.

Mantan Kapolsek Bojonegara ini menambahkan untuk pengamanan di wilayah Kabupaten Serang, Polres Serang telah menerjunkan sebanyak 177 personel. Ratusan personil tersebut telah disebar di 4 pos pengamanan (pospam) rawan lakalantas dan kemacetan dan 1 pos pelayanan yang ditempatkan di kawasan industri Modern Cikande. ditambah dengan personel yang ditempatkan di Mako Polres Serang.

“Mereka akan kita tempatkan di tempat simpul-simpul kemacetan dan lakalantas seperti di Cikande Asem,Tambak, Ciujung dan Ciruas. Kita juga menyiagakan personil di Mapolres Serang yang siap diberangkatkan jika dibutuhkan,” tegas Firman.

Untuk objek vital, lanjut Firman, pola pengamanan sama seperti libur Hari Raya Idul Fitri. Polres Serang menerjunkan personil Satuan Sabhara untuk melakukan pengamanan secara mobile di wilayah Industri Serang Timur. Di lokasi obvit ini, Polres Serang mendirikan pos pelayanan yang bertujuan untuk melayani masyarakat.

“Di wilayah hukum Polres Serang ada 11 objek vital. Ini sudah atensi Pak Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Kita akan amankan kawasan ekonomi khusus ini.” (Yono)

Teks foto : Kasubag Dal Ops AKP Firman Hamid (kanan) didampingi Iptu Hufron Paur Dal Ops saat press conference pengamanan tahun baru.

Berita Terkait