Kebakaran Bukit Cilegon Belum Bisa Dipadamkan, Ganggu Jalan Tol

Enam jam sudah api melalap perbukitan di Kota Cilegon, Banten, atau sejak pukul 18.00 wib. Hingga berita ini diunggah, api belum berhasil dipadamkan.

Api pertama kali terlihat di perbukitan Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol. Kemudian api menjalar hingga perbukitan di dekat perumahan Palm Hills yang masuk ke dalam Kelurahan Kota Bumi, Kecamatan Purwakarta.

Jika kita melewati Tol Tangerang-Merak, dari Tangerang menuju Merak, maka lokasi perbukitan yang terbakar ada di bagian kanan jalan. Asap api berwarna hitam membumbung tinggi dan mengganggu pengguna jalan tol.

“Sampai sekarang belum padam ini. Naik ke atasnya susah. Mobilnya (damkar) juga enggak bisa naik. Udah deket perumahan,” kata petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Cilegon, Faturohman, melalui sambungan selulernya, Selasa (22/10/2019).

Dia belum mengetahui penyebab dan luasan areal perbukitan yang terbakar, karena petugas gabungan masih fokus memadamkan api agar tidak membakar perumahan dan perkampungan warga. Lantaran lokasi kebakaran berdekatan dengan perumahan Palm Hills dan Desa Serdag.

“Belum tau ini penyebab (kebakaran) nya, luasnya juga. Masih madamin dulu,” kata pria yang akrab disapa Oman, dengan suara terengah-engah.

Dia bercerita, medan yang harus ditempuh oleh tim Tagana, Damkar, BPBD, PMI, TNI dan Polri untuk memadamkan api sangat sulit. Terlebih kondisi pemadaman dilakukan malam hari, dalam kondisi gelap, mereka harus memadamkan api dan juga berhati-hati saat melakukan penyiraman ke kobaran api.

Setidaknya yang dia lihat, ada dua mobil pemadam kebakaran yang memadamkan api, mobil Damkar dari ASDP Pelabuhan Merak satu unit dan dari Damkar Pemkot Cielgon satu unit.

“Tadi juga mobil suplay pengisi air sampai ditarik sama mobil BPBD. Ada dua mobil damkar yang nyiram ditempat ini, dua lagi mobil penyuplai air,” terangnya. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Jurnalis at MediaBanten.Com
Kecepatan dalam menyampaikan laporan adalah kelebihan lelaki ini yang bergabung dengan MediaBanten.Com awal tahun 2019. Berkutat dengan laporan dari satu peristiwa ke peristiwa keahlian yang ditekuni sejak beberapa tahun terakhir. Analisisnya tentang sebuah peristiwa terkadang membuat pihak lain terkaget-kaget. Karya jurnalistiknya disampaikan dengan kalimat pendek dan ringkas.
Yandhi Deslatama

Berita Terkait