Ekonomi

Lion Air Sediakan City Check In dan Mobile Chek In Untuk Terbang

Lion Air Group menyediakan layanan City Check In dalam mempermudah calon penumpang untuk mempersiapkan rencana penerbangan.

Fasilitas ini tersedia di seluruh kantor penjualan (ticketing Sales Office), antara lain Lion Air Tower Jakarta Harmoni, Surabaya, Malang, Makassar, Medan, Pekanbaru, Padang, Yogyakarta, Semarang, Banda Aceh, Pontianak, Solo, Batam dan kota lainnya.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Lion Air Group senantiasa mengembangkan produk penerbangan baru sejalan komitmen dalam menyediakan cara yang cepat dan nyaman untuk check-in.

Ini bertujuan untuk menjaga setiap penumpang (para tamu) tetap aman saat bepergian menggunakan pesawat udara.

Keuntungan yang diperoleh calon penumpang melalui kemudahan city check in, meliputi:

1. Simpel, tanpa perlu antre di area check in counter bandar udara.

2. Berlaku untuk penerbangan langsung dan tiket lanjutan menggunakan maskapai Lion Air Group.

3. Layanan City Check-in tersedia selama 24 jam di Lion Air Tower Jakarta, untuk kantor penjualan yang lain sesuai dengan jam operasional.

4. Bebas pilih tempat duduk (selama persediaan seat tersedia) tanpa biaya tambahan

5. Pembelian kuota bagasi tambahan (prepaid baggage) maksimal 30kg per penumpang diskon khusus hingga 35%.

6. City Check-in berlaku bagi calon penumpang yang akan melakukan penerbangan dengan prioritas tanpa bagasi, apabila calon penumpang membawa bagasi, maka saat di terminal keberangkatan wajib melaporkan kembali bagasi di counter check-in.

Ketentuan melakukan proses City Check In:

1. Penumpang sudah menyiapkan seluruh syarat kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku

2. Mempersiapkan dokumen seperti identitas resmi (KTP, paspor) dan lainnya yang diperlukan atau dibutuhkan.

3. Penumpang diperbolehkan membawa bagasi kabin (cabin baggage) terdiri 1 (satu) personal item dengan berat maksimal 7kg, ukuran untuk bagasi pesawat jet 40cm x 30cm x 20cm serta bagasi pesawat propeller (baling-baling) 35cm x 30cm x 20 cm. Apabila membawa bagasi tercatat atau atau bagasi yang dititipkan (Checked Baggage), tetap harus melakukan pelaporan bagasi di check in counter.

4. City check-in dibuka 24 jam hingga 4 (empat) jam sebelum waktu keberangkatan.

5. Penumpang yang sudah memiliki boarding pass dan tidak membawa bagasi tercatat atau bagasi yang dititipkan (checked baggage), dapat langsung menuju boarding gate tanpa harus cetak (print) boarding pass kembali di bandar udara.

6. Penumpang harus berada di ruang tunggu (waiting room/ baording gate) 40 menit sebelum waktu keberangkatan sesuai jadwal yang tertera pada boarding pass.

7. Harap melakukan konfirmasi ulang kepada petugas layanan di boarding gate mengenai aktual nomor ruang tunggu (gate) sesuai nomor dan jadwal penerbangan.

8. Apabila terjadi perubahan jadwal terbang oleh pihak maskapai, penumpang harus melakukan pengecekan jadwal terbaru di website dan melapor kembali di counter check-in terminal keberangkatan.

9. City Check-in dapat diwakilkan dengan cara membawa identitas valid dan masih berlaku bagi calon penumpang dan KTP pihak yang membantu untuk melakukan proses City Check-in.

Melalui Mobile Check-In

Dalam mempermudah proses perjalanan udara, Lion Air Group telah menghadirkan dan menyediakan fasilitas terbaru pada perangkat Mobile Apps untuk menawarkan kemudahan para tamu (calon penumpang) saat melakukan pelaporan mandiri (self check-in) sebelum keberangkatan.

Layanan “mobile apps” terbaru yang memiliki keunggulan dengan nilai lebih “tak perlu repot-repot lagi melakukan check in di bandar udara serta mengurangi kontak dengan keramaian atau mengurangi antrean”.

Ini menambah pengalaman sebelum terbang atau “pre flight” yang akan melakukan penerbangan Lion Air Group.

Download mobile apps sekarang. Aplikasi ini dapat digunakan pada platform OS Android pada Google Play Store dan iOS melalui aplikasi Apple Store.

Proses check-in lebih cepat, langkah praktis sebagai berikut

1. Buka Mobile Apps dan pilih menu Online Check-in

2. Masukkan kode pemesanan (booking reference number/ PNR) pada tiket yang terdiri 6 (enam) karakter yaitu 6 huruf kapital dan nama belakang (last name) atas nama tamu yang akan melakukan penerbangan.

3. Pahami tentang barang bawaan yang memenuhi aspek ketentuan keselamatan penerbangan (apakah tergolong barang berbahaya atau tidak).

4. Pilih “lanjut” (continue) untuk proses check-in dengan memilih penerbangan dan nama tamu sesuai pada tiket yang akan mengikuti penerbangan (klik untuk memberi tanda centang pada kolom).

5. Proses check-in selesai.

Layanan mobile check-in dan city check-In, tidak tersedia untuk:

1. Para tamu dengan jumlah penumpang dalam satu tiket lebih dari 10 orang (group booking)

2. Para tamu yang membutuhkan bantuan khusus di bandar udaraa misalnya; penumpang dalam kondisi hamil, Unaccompanied Minor (UM) atau anak-anak berusia kurang dari 12 tahun yang bepergian sendiri, membutuhkan kursi roda, stretcher case atau penanganan khusus lainnya.

3. Kategori bayi di bawah 2 tahun yang tidak menempati tempat duduk.

(Humas Lion Aira Group / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button