Lucu, Bappeda Banten Ngomongin Jalan Tol Sukabumi, Jabar

Ini lucu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten ngomongin pembangunan jalan tol ke Sukabumi, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Ini terjadi pada Forum Discussion Group (FGD) Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Banten, kemarin. Soal jalan tol Sukabumi itu dikatakan Iswandi, Kabid Ekonomi Bappeda Banten, sambil menyebut-sebut Presiden RI, Joko Widodo.

Padahal pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang justru tersendat-sendat diselesaikan. Penyebabnya adalah sulitnya untuk pembebasan tanah untuk jalan tersebut. Pembebasan tanah itu menjadi urusan pemerintah daerah, termasuk Pemprov Banten.

“Jadi setelah nanti pembangunan Serang-Panimbang sudah oke, pada tahun 2020-2025. Itu digarap juga jalan tol Panimbang ke Sukabumi,” katanya.

Mengenai perkembangan usulan tersebut, dia mengatakan, pada saat tematik usulan itu sudah diterima oleh pemerintah pusat. Usulan itu pun kata Iswandi, dibarengi dengan beberapa argumen diantaranya untuk mengembangkan pembangunan daerah wilayah Banten bagian Selatan.

“Karena sebetulnya PU juga punya Jalan Lingkar Selatan. Mulai dari Pelabuhan Ratu – Cidaun -Pameungpeuk – Pangandaran. Jalannya pun sudah bagus, namun jalan itu kurang populer aja. Karena penerangan jalan dan rambu-rambu lalu lintas, serta kondisi jalan yang berkelok,” katanya.

Iswadi mengungkapkan, jalan tol tersebut Rencananya akan terkoneksi ke jalan tol yang saat ini tengah dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait