Olahraga

Menyakitkan, Mesir Taklukan Kamerun Adu Penalti 1 – 3 dalam Piala Afrika

Tuan rumah Piala Afrika 2021, Kamerun harus mengakui keunggulan Mesir setelah adu penalti dalam partai seminfinal di Olembe Stadium, Younde, Kamerun, Jumat dinihari (4/2/2022).

Memang menyakitkan. Kamerun berhasil bermain imbang selama 90 menit pertama dan 2 x 15 perpanjangan waktu. Namun Mohammad Salah, pemain yang sedang moncer ini dan kawan-kawannya memastikan melaju ke final setelah membukukan angka 3 – 1 pada babak penalti.

Duel semifinal ini sudah berlangsung ketat sejak awal babak pertama. Baik Kamerun maupun Mesir sama-sama memilih untuk bermain lebih hati-hati.

Kamerun dan Mesir pun memperoleh sejumlah peluang untuk membuka skor. Namun, masih belum ada yang menghasilkan gol. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Setelah kembali dari kamar ganti, pelatih Mesir Carlos Queiroz melakukan perubahan strategi dengan memasukkan Trezeguet untuk menggantikan Amr Al Soleya.

Perubahan itu nyaris membuahkan hasil. Mohammed Salah mendapatkan peluang emas ketika berhadapan dengan kimper Kamerun, Andre Onana yang maju ke depan untuk menyambut Salah. Sayangnya, tembakan Salah masih bisa dihalau Onana.

Wasit Bakarya Papa Gasama mengeluarkan kartu merah untuk Queros, pemain Kamerun yang melakukan jegalan keras. Laga pun berlanjut ke babak waktu tambahan.

Pada babak extra time ini, pertandingan masih berjalan cukup ketat. Kedua tim sama-sama belum mampu membongkar pertahanan lawan masing-masing.

Jelang waktu extra time habis, Mesir memiliki satu peluang emas lewat tusukan Mohanad Lasheen dari sisi kanan. Namun, gol masih belum bisa dibuat.

Di babak adu penalti, kiper Mesir Mohamed Abou Gabal menjadi bintangnya. Penjaga gawang yang akrab disapa Gabaski ini sukses membendung dua tembakan pemain Kamerun.

Eksekusi penalti Clinton N’Jie yang melebar dari sasaran pun akhirnya memastikan kemenangan untuk Mesir dengan skor 3-1.

Berkat kemenangan ini, Mesir pun berhak melaju ke partai final Piala Afrika 2021 untuk menghadapi Senegal yang lebih dahulu lolos berkat kemenangan 3-1 atas Burkina Faso.

Susunan Pemain

Kamerun: A. Onana; Ngadeu, Castelleto (Moukoudi 99′), Tolo; Fai, Gouet (Lea Siliki 80′), Anguissa, Hongla (J. Onana 108′); Ngamaleu (N’Jie 86′), Aboubakar, Toko Ekambi (Bassogog 98′).

Mesir: Gabaski; Kamal (Ashour 85′), Abdelmonem, Hamdy, Fotouh; Elneny (Lasheen 86′), Fathi, Al Soleya (Trezeguet 46′); Salah, Mostafa Mohamed (Sherif 106′ (Zizo 118′)), Marmoush (Sobhi 63′).

(Dari berbagai sumber / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button