Merasa Dicuekin, Warga dan Polisi Pulomerak Perabaiki Jalan Cikuasa

Di Kota Cilegon, Provinsi Banten, banyak bisa dijumpai akses jalan yang rusak parah dan memprihatinkan. Salah satunya seperti Jalan Cikuasa Atas menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

Karena rawan kecelakaan dan sering terjadi kemacetan, Kamis (11/2/2021), sejumlah warga bersama anggota Polsek Pulomerak dari unit lalu lintas, melakukan penambalan jalan rusak secara swadaya.

Kepada wartawan, Yuswandi warga setempat mengatakan, jalan Cikuasa Atas yang diperbaiki itu setelah keluar dari gerbang tol Tangerang – Merak, tepatnya di Lingkungan Sukajadi, Rt 03 Rw 02, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon.

Ruas jalan ini dinilai tidak mendapat perhatian Pemerintah Provinsi (Pemorov) Banten, meski sudah rusak parah dan membahayakan keselamatan penggun jalan.

Karena itu, pihaknya bersama anggota lalu lintas Polsek Pulomerak berinisiatif melakukan penambalan jalan dengan menggunakan material seadanya.

“Jalan tersebut sangat parah rusaknya, apalagi dimusim penghujan saat ini sangat rawan terjadi kecelakaan, tapi enggak ada perbaikan. Sementara ini jalan nasional,” kata Yuswandi kepada wartawan, Kamis (11/2/2021).

Yuswandi menambahkan, rusaknya jalan bukan hanya karena faktor cuaca saja, akan tetapi truk-truk besar yang membawa lebih muatab, kerap melintasi jalur keluar masuk Pulau Jawa dan Pulau Sumatera ini.

Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Pulomerak, AKP Mahdum menuturkan, perbaikan jalan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh jalan rusak.

“Kondisi kerusakan jalan di Lingkungan Sukajadi, Rt 03 Rw 02, Kelurahan Mekarsari, sangat mengganggu dan berbahaya. Kebutulan bantuan swadaya dan ada masyarakat yang menyumbangkan tenaganya, kegiatan perbaikan jalan bisa dilakukan,”ujar AKP Mahdum.

Selain berbahaya, sambung Kanit Lantas Polsek Pulomerak, jalan ini juga kerap menyebabkan kemacetan ketika kondisi lalu lintas dijalan utama keluar masuk pulau jawa ini padat oleh aktivitas truk yang keluar masuk dari dan menuju Pelabuhan ASDP Merak.

“Kalau sering terjadi kecelakaan, memang tidak, namun untuk macet aja. Untuk mengantisipasinya, kami jaga dan himbau pengguna jalan supaya tidak terlalu cepat memacu kendaraannya, sehingga rawan menimbulkan kecelakaan lalu lintas,”imbuhya. (daeng yus)

Yusvin Karuyan

Berita Terkait