Pejabat Kejari Pandeglang Dirotasi Saat Gencar Usut P3T

Foto: Beni Madsira

Di tengah gencarnya pengusutan dugaan korupsi program pembangunan infrastruktur pedesaan tertinggal (P3T), Kejaksaan Negeri Pandeglang merotasi dan mutasi pejabat di lingkungan tersebut, Kamis (15/3/2018). Rotasi itu terjadi pada Kepala Sub Bagian (Kasubag) Pembinaan, Kepala Seksi (Kasi) Intelejen, Kasi Tindak Pidana Hukum dan Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara.

Kepala Kejari Pandeglang, Nina Kartini menegaskan bahwa rotasi mutasi ini tidak ada kaitannya dengan perkara yang tengah ditangani Kejari, termasuk bukan akibat dari evaluasi kinerja. Perombakan ini dilakukan semata-mata menjalankan kebutuhan organisasi dan peningkatan karir terhadap pejabat bersangkutan.

“Rotasi ini bukan evaluasi kinerja, tetapi lebih kepada peningkatan karir. Karena jika tidak, karir mereka (pejabat yang dilantik) tidak akan meningkat. Dengan adanya rolling ini, untuk menambah karir mereka,” dalih Nina usai pelantikan.

Nina juga memastikan bahwa dengan masuknya sejumlah pejabat baru, tidak akan mengendurkan semangat Kejari untuk menuntaskan perkara yang ditangani saat ini. Bahkan ia menekankan kepada pejabat barunya untuk tetap mengusut semua kasus yang ada di Kejari sesuai dengan ketentuan.

Baca: Polres Serang Tembak Kaki Kanan Perampok Truk Ekspedisi

“Tentunya untuk pejabat baru, harus bekerja melanjutkan pekerjaan seksi yang lama. Harus ditekankan agar pekerjaan itu dilaksanakan sesuai aturan berlaku. Tentu kami memberi arahan dan bimbingan kepada pejabat baru agar pekerjaan lama tidak didiamkan,” jelasnya.

Selain sebagai bentuk penyegaran organisasi, Kejari Pandeglang, Nina menyebutkan, rotasi mutasi ini merupakan amanat dari Peraturan Jaksa Agung Nomor 006 Tahun 2017 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan RI. Amanat itu antara lain penambahan jabatan kepala sub seksi penyidikan yang pernah dihilangkan dari struktur organisasi kejaksaan negeri.

“Dengan adanya Kasubsi Penyidikan itu, kami harap bisa membantu jaksa penyidik untuk lebih optimal dalam menyelesaikan semua perkara yang ada,” ujarnya.

Adapun posisi yang mengalami rotasi mutasi yakni Kepala Sub Bagian Pembinaan, yang beralih dari dari Dilam Afandi ke Enny Nuraeni. Lalu jabatan Kepala Seksi Intelejen, yang sebelumnya diemban Edius Manan, kini diamanatkan kepada Ate Quesyini Ilyas. Sedangkan Fauzul Ma’ruf yang semula mengisi jabatan sebagai Kepala Seksi Tindak Pidana Hukum, digantikan Muhamad Umar Ubaidillah.

Jabatan Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara, yang bergeser dari Lukman Harun Biya ke Triyana Setia Putra. Sementara jabatan baru di Kejari Pandeglang, Kepala Sub Seksi Penyidikan Tindak Pidana Khusus, dijabat oleh Adib Fachri Dilli. (Beni Madsira)

Berita Terkait