Pj Sekda Banten Lepas Pawai Obor Porprov Banten Ke-5

Foto: Subag Peliputan dan Dokumentasi Pemprov

Penjabat Sekretaris Daerah Banten Ino S Rawita melepas pawai obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-5 Banten tahun 2018 di Kabupaten Tangerang. Pelepasan tim pembawa pawai obor dilakukan di depan Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (29/10/2018).

Kegiatan ini dihadiri Ketua KONI Banten Rumiah Kartoredjo, Kepala Dispora Banten Deden Apriandhi, dan perwakilan kontingen dari Kota Serang. Setelah dilepas Pj Sekda, rombongan pawai obor akan berkeliling delapan kabupaten dan kota se-banten sebagai dimulainya semarak Porprov V Banten.

“Saya atas nama Pemprov Banten mewakili Pak Gubernur dan Wakil Gubernur Banten menyerahkan api kirab obor Porprov V Banten tahun 2018 untuk diarak bersama-sama dengan tim kirab dari tanggal 29 Okober 2018 sampai dengan 03 November 2018,” kata Ino, Senin pagi.

Pj Sekda Banten Ino S Rawita usia pelepasan obor mengungkapkan, melalui pawai obor ini masyarakat banten di delapan wilayah bisa memberikan semangat dan dukungan kepada para atlet-atlenya yang akan berjuang membela daerahnya masing-masing. “Pawai api obor ke delapan kabupaten kota ini untuk memberikan semangat kepada seluruh masyarakat banten dan memberi tahun bahwa ada Porprov Banten,” kata Ino.

“Semangat kirab obor ini agar terus digelorakan oleh seluruh masyarakat banten termasuk teman-teman media. Nanti pembukaanya akan dilaksanakan tanggal 4 November di stadion baru milik Kabupaten Tangerang, bakal semarak dan ramai,” Sambungnya.

Baca: Gagal Ke Perempat Final, Timnas Indonesia U19 Berjuang Maksimal di Piala AFC

Ino berharap, melalui kegiatan Porprov Banten ini selain sebagai ajang meraih prestasi juga sebagai seleksi para atlet untuk dipersiapkan di ajang PON ke-19 di Provinsi Papua pada tahun 2020 mendatang.

“Mudah-mudahan dari hasil ini (Porporv Banten), bisa melahirkan juara-juara kita yang baru, baik tingkat nasional maupun international, dan sebagai pembinaan bagi KONI yang akan dipersiapkan untuk PON 2020 di Papua. Doakan agar atlet-atlet banten menjadi juara dan prestasinya meningkat dibandingkan PON yang kemarin,” ucapnya.

Wakil Ketua I Poprov Banten Soma Atmaja menyebutkan, obor Porprov ke-5 Banten akan diarak ke delapan wilayah di banten selama enam hari berturut-turut. “Api obor ini kita ambil kemarin dari pos bitung pertamina dan ini merupakan symbol dari api abadi atau gas alam yang ada disana. Dan hari ini kita mulai start dari Kota Serang, kemudian ke Kabupaten Serang, lanjut ke Kota Cilegon,” kata Soma.

Ia melanjutkan, setelah menginap di Kota Cilegon, api obor kan dibawa ke Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, lanjut ke Kota Tangerang Selatan, ke Kota Tangerang dan terakhir di Kabupaten Tangerang sebagai tuan rumah. “Nanti di Kabupaten Tangerang kita juga akan diarak ke 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Soma juga berharap seluruh Kepala Daerah dibanten bisa ikut mensuksekan Porpov Banten dan menggelorakan semangat olah raga ini kepada masyarakat di daerahnya masing-masing. “Persiapan Porprov ini kita sudah mencapai 80 persen, venue-venue juga sudah siap, panitia juga sudah oke, dan nanti akan dibuka langsung oleh Pak Gubernur Banten Wahidin Halim dan insyaallah acaranya akan kita kemas semenarik mungkin,” kata Soma Atmaja yang juga Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang ini.

Porprov Banten V Banten tahun 2018 akan digelar di Kabupaten Tangerang pad 4-11 November mendatang. Sebanyak 3700 atlet dari delapan kabupaten dan kota di Banten akan memperebutkan 2.480 medali yang terdiri dari 741 emas, 741 perak dan 998 medali perunggu dari 39 cabang olahraga yang akan dipertandingkan. (Subag Peliputan dan Dokumentasi Biro ARTP Pemprov Banten)

Berita Terkait