Polda Banten Merotasi 3 Kapolres, Di Antaranya Kapolres Pandeglang

Polda Banten merotasi 3 kapolres

Polda Banten merotasi tiga Kapolres di wilayah hukumnya, salah satunya adalah AKBP Indra Lutrianto yang kini menjabat Wadir intelkam Polda Riau, digantikan Oleh AKBP Sofwan Hermanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit ll Ditreskrimum Polda Banten.

Hal yang menarik adalah perpindahan Kapolres Pandeglang, yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Indra Lutrianto. Saat masih menjabat Kapolres, Indra harus mengalami tragedi penusukan Wiranto di Kecamatan Menes, oleh anggota JAD. Saat itu, Wiranto menjabat sebagai Menkopolhukam.

Namun perpindahan Indra karena tragedi penusukkan tersebut, dibantah oleh Wakapolda Banten, Brigjen Pol Tomex Koerniawan, yang melantik para Kapolres di wilayah hukum Polda Banten.

“Enggak ada (bukan karena penilaian serangan terorisme), semua kan sudah ada aturan dan protap, sehingga secara karir seseorang harus dinilai pada posisi yang umum, tidak dari sari case (kasus) ke case (kasus lainnya) saja,” kata Wakapolda Banten, Brigjen Pol Tomex Koerniawan, Selasa (05/11/2019).

Baca:

Penilaian Polri

Tomex menjelaskan perpindahan Indra menjadi Wadir intelkam Polda Riau, murni karena penilaian Polri terhadap kinerjanya. Bukan karena tragedi penusukkan Wiranto.

“Karena dalam sistim yang ada di kita, dalam proses perjalanan karir seseorang kan dilihat track recordnya, berapa lama usia dinasnya, berapa tingkat kepuasan publik, kemudian bagaimana dia menciptakan sistem dalam organsasi itu, yang sistem itu bisa di operasionalkan dengan baik bagi kepentingan publik secara luas,” jelasnya.

Dua kapolres lainnya yang diganti yakni Kombes Pol Sabilul Alif, dari Kapolresta Tangerang yang kini menjadi ajudan Wakil Presiden (Wapres) Kyai Ma’ruf Amin. Kapolres Tangerang kini di isi oleh AKBP Ade Ary Syam Indradi, yang sebelumnya menjabat Kapolresta Pontianak di Polda Kalbar.

Kemudian ada Kapolres Cilegon, AKBP Rizki Agung Prakoso, dipindah menjadi Kasubbagopsnal Dittipidsiber Bareskrim Polri, yang posisinya digantikan oleh AKBP Yudhis Wibisana, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Belitung di Polda Kepulauan Babel.

Mutasi dan rotasi jabatan tersebut sesuai dengan keputusan Kapolri Nomor : ST/2853/X/ Kep/2019 Tanggal 21 Oktober 2019, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan dilingkungan Polri, di jajaran Polda Banten. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Jurnalis at MediaBanten.Com
Kecepatan dalam menyampaikan laporan adalah kelebihan lelaki ini yang bergabung dengan MediaBanten.Com awal tahun 2019. Berkutat dengan laporan dari satu peristiwa ke peristiwa keahlian yang ditekuni sejak beberapa tahun terakhir. Analisisnya tentang sebuah peristiwa terkadang membuat pihak lain terkaget-kaget. Karya jurnalistiknya disampaikan dengan kalimat pendek dan ringkas.
Yandhi Deslatama

Berita Terkait