Gadget

Snapdragon 8 Gen 2 Dukung Fitur Always Sensing Camera

Qualcomm sudah meluncurkan kehadiran Snapdragon 8 Gen 2 sebagai chipset terbarunya, dan bakal dipasang di seluruh merek HP Android flagship tahun depan.

Perkenalan chipset terbaru ini, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) juga membawa sejumlah peningkatan khususnya dalam prosesor AI Hexagon di Snapdragon 8 Gen 2.

Hal tersebut dipadukan dengan Sensing Hub yang dibekali prosesor AI audio dan mendukung fitur always-sensing camera.

Melansir dari Reuters, Kamis (17/11/2022), snapdragon itu juga mampu mendorong performa AI 4,35x dari generasi sebelumnya.

Kendati memiliki performa tinggi, ternyata perusahahaan AS itu dapat mengurangi konsumsi daya baterai hingga 60 persen.

Dibekali teknologi ini, Qualcomm juga mengklaim vendor smartphone dapat mengoptimalkan kemampuan kamera mereka dapat bersaing dengan chipset Tensor buatan Google di HP Pixel.

Melalui Snapdragon Sight baru, Qualcomm dapat mendefinisikan era baru memotret pakai Smartphone Android layaknya menggunakan kamera profesional.

Lewat cognitive ISP (image sginal processor) pertama di dunia yang dibuat oleh Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2 dapat secara otomatis meningkatkan foto dan video secara real – time.

Selain itu, Qualcomm tampil dengan peningkatan dalam hal tekonologi AI, kamera, Keamanan data, dan performa gaming.

Namun, tahun ini mereka masih tutup mulut soal siapa vendor pertama yang akan dibekali Snapdragon 8 Gen 2.

Kendati demikian, perusahaan asal Amerikat Serikat tersebut mengungkapkan daftar smartphone android yang akan dibekali chipset tersebut di tahun 2023 mendatang.

Melalui presentasinya di Snapdragon Summit 2022, Staff Manager dan Product Marketing Qualcomm Technologies, PJ Jacobowitz mengatakan ada 15 vendor smartphone yang siap memakai chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Vendor tersebut adalah Asus ROG, Honor, iQoo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Redmagic,Redmi, Sharp, Sonny, Vivo, Xiaomi, Meizu, ZTE.

Meskipun belum ditentukan siapa yang akan dibekali chipset tersebut, namun beberapa pihak masih meyakini Xiaomi akan jadi smartphone pertama yang dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 2 di Xiaomi 13.

Beberapa orang juga berpendat, Vivo X90 Pro+ yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini menjadi smartphone pertama dengan chipset tersebut.

(*/Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button