“Tamu Allah” Dari Indonesia Mulai Mendarat di Madinah

kabah di masjidil haram
Kaabah di Masjidil Haram Foto: Istimewa

“Tamu-tamu Allah” dari Indonesia mulai mendarat di Bandara Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah. Hari Mingggu (7/7/2019), dijadwalkan 14 kelompok terbang (Kloter) datang dengan jumlah 5.553 orang. Sebelumnya, Sabtu (6/7/2019), juga telah mendarat 4 kloter.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 2019, Endang Jumali mengatakan, ke-12 kloter jamaah haji Indonesia itu tiba di Madinah dengan menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines dan Garuda Indonesia (GA). “Mereka berasal dari sembilan embarkasi,” kata Endang Jumali di Kantor Urusan Haji Indonesia.

Kesembilan embarkasi tersebut adalah Kloter 1 Embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 455 jamaah, Kloter 1 Embarkasi Padang sebanyak 393 jamaah, Kloter 1 Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 360 jamaah, Kloter 1 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 393 jamaah.

Kemudian kloter 3 Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 450 orang, Kloter 1 Embarkasi Palembang (450 jamaah), empat Kloter (1-4) dari Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 1640 jamaah dengan masing-masing kloter membawa sebanyak 410 orang, kloter 1 asal Ujung Pandang (UPG) sebanyak 455 jamaah, dan tiga kloter (3-5) dari Embarkasi Surabaya (SUB).

Endang mengatakan, kedatangan jamaah haji asal Indonesia itu di Madinah tiba dari Subuh hingga tengah malam waktu Arab Saudi (WAS). “Kedatangan pertama pada pukul 05.55 WAS, dan paling akhir Ahad (7/7) sekitar pukul 22.30 WAS,” terangnya.

Baca:

Ditempatkan di Hotel

Dan rencananya, jamaah itu akan ditempatkan di sejumlah hotel atau pemondokan yang berdekatan dengan Masjid Nabawi di Madinah. Misalnya, jamaah asal Embarkasi Lombok akan menempati Hotel Diyar al-Habib, jamaah Embarkasi Padang menempati Mubarak al-Fiddi, jamaah asal Solo di Gulnar Taiba, jamaah asal Embarkasi Batam di Al-Fairuz Qartaj, dan jamaah asal Embarkasi Palembang di Gulnar Salam, serta jamaah asal Embarkasi Ujung Pandang (UPG) di Nebrass Al-Shahba.

Sedangkan jamaah asal Embarkasi Surabaya akan menempati Makarim al-Masi (kloter 3), Al-Fairuz al-Masi (kloter 4), dan Thaibah Arac Suites (Kloter 5). Kemudian untuk jamaah Jawa Barat yang berasal dari Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) akan menempati Fairuziah Al-Khair (kloter 1), Gulnar Thaibah (kloter 2), Al-Salihiah Al-Zahabi (Kloter 3), dan Diyar al-Salam Silver untuk kloter 4 JKS.

Khusus untuk jamaah asal Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) menempati Hotel Diyar Taiba. “Jamaah asal Embarkasi JKG ini ditempatkan di Diyar Taiba, dan mereka mendarat atau tiba di Madinah pada pukul 14.20 waktu Arab Saudi, atau sekitar pukul 18.20 waktu Indonesia Barat (WIB),” kata Endang Jumali.

Sebelumnya atau pada hari pertama kedatangan jamaah di Madinah pada Sabtu (6/7) kemarin, terdapat empat kloter dari dua embarkasi. Dua kloter asal Embarkasi Batam (BTH), dan dua kloter asal Embarkasi Surabaya (SUB). (Dikutip dari republika.co.id / IN Rosyadi)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait