Tanah Pemkot Serang Ditukar, Dibangun Hotel dan Pusat Belanja

Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melakukan tukar menukar aset tanah dengan PT Bersama Kembang Kerep Sejahtera (BKKS). Tanah pemkot itu nantinya dibangun di Penancangan atau tepat di Gerbang Tol (GT) Serang Timur dibangun hotel dan pusat perbelanjaan.

Tanah Pemkota itu seluas 3,3 hektar dengan yang dinilai Rp66 miliar. Sebagai gantinya, PT BKKS menyerahkan tanah seluas 4,4 hektar di Kelurahan Kemanisan, Kelurahan Curug yang dinilai Rp106 miliar.

“Kalau tukar menukar itu idealnya sama, kita mendapat nilai lebih. Kalau tanah kita itu nilai nya Rp 66 miliar, nilai tukarnya itu Rp 106 miliar. Akan dibangun hotel dan pusat perbelanjaan,” kata Walikota Serang, Syafrudin, Rabu (27/01/2021).

Pusat perbelanjaan dan perhotelan diharapkan nantinya bisa menyerap tenaga kerja, sehingga mengurangi pengangguran. Angka penganggutan di Kota Serang mencapai 9,26 persen di bulan Agustus 2020.

Baca:

Sedangkan tanah di Kemanisan, Curug, seluas 4,4 hektare, akan dibangun kawasan kreatif, yang bisa digunakan oleh anak muda dan penggiat kreatif di wilayah Banten.

“Disamping PAD akan naik, juga bisa menyerap ribuan tenaga kerja di situ. Ini investor baru, jadi harus ada kemudahan-kemudahan,” terangnya.

Syafrudin berharap dengan masuknya investor baru di Ibu Kota Banten itu, bisa memajukan Kota Serang sebagai teras Ibu Kota.

“Dengan masuknya investor, maka Kota Serang akan berkembang pesat, serta mampu menyerap tenaga kerja lokal yang ada di Kota Serang,” jelasnya. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait