Tiga Murid SMPN 2 Malingping Akan Ikut OPSI Tingkat Nasional Di Jakarta

Tiga murid SMPN 2 Malingping akan mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tingkat Nasional pada 26-30 November 2019 di Hotel El Royal Kelapa Gading, Jakarta.

Ketiga murid itu lolos menjadi Finalis OPSI SMP tingkat Nasional dan satu-satunya yang mewakil Kabupaten Lebak, tiga murid SMP Negeri 2 Malingping

Tiga murd yang lolos menjadi finalis yang satu-satunya sekolah mewakili Kabupaten Lebak dalam tingkat nasional yaitu, Nazwatun Nisa, Samsul Ma’arif, M Rizki Ramadhani.

Untuk menjadi finalis tersebut, mereka selama dua bulan melakukan proses riset (penelitian) terkait ubur-ubur jenis Physalia physalis yang banyak menyengat pengunjung Pantai Bagedur.

Observasi

“Kita melakukan observasi dari Pantai Binuangeun (Wanasalam) hingga Pasput (Cihara). Karena lebaran kemarin banyak yang menjadi korban ubur-ubur di pantai Bagedur dan anak-anak melakukan observasinya untuk melakukan identifikasi,” ujar Tuti Sugiarti, guru pembimbing SMPN 2 Malingping kepada MediaBanten.com Kamis, (14/11/2019).

Dari hasil penelitian tersebut naskah karyanya dikirim kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Jadi dari hasil observasi selama dua bulan tersebut, hasilnya kita kirim melalui online dan pos ke Kementrian Pendidikan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, naskahnya dikirim melalui online, dari tiga karya yang lolos hanya satu. Judul Naskahnya sebaran dan kelimpahan phisllia di Pantai Bagedur Kecamatan Malingping dari bidang lomba Ilmu Pengetahuan Alam,” paparnya.

Dari pihak sekolah sendiri berharap agar ketiga muridnya yang akan bertanding pada 26-30 November mendatang akan mendapatkan hasil yang memuaskan untuk kado terindah ulang tahun Kabupaten Lebak.

“Ahamdulilah yah pak saya sebagai guru pembimbing bangga terhadap anak-anak dan semoga menjadi juara untuk kado hadiah ulang tahun Lebak di bulan Desember nanti. Mudah-mudahan, saya selalu mengingatkan kepada anak-anak bahwa tidak ada proses yang menghianati hasil,” tukasnya. (Ersya Augusta Golda)

Ersya Agusta Golda

Berita Terkait