Waduk Sindangheula Bisa Diresmikan Dalam Waktu 2-3 Bulan Mendatang

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau-Ciujung-Cidurian Tris Raditian mengatakan Waduk Sindangheula di Serang sudah bisa diresmikan dalam waktu 2 sampai 3 bulan ke depan. Waduk yang merupakan proyek pemerintah pusat ini sedang dalam proses penggenangan.

“Iya, dua (sampai) tiga bulan sudah bisa diresmikan. Bendungan itu sudah siap, nanti kalau peresmian kita nunggu nanti sudah penuh air,” ujar Tris usai rapat pembahasan proyek strategis nasional di kantor Gubernur Banten, Serang, Jumat (17/1/2020).

Waduk yang memiliki daya tampung 10 juta meter kubik air ini, lanjut Tris, tinggal menunggu air penuh sampai batas spell way. “Full sekitar 10 meter lagi,” imbuhnya.

Tris menjelaskan saat air sudah penuh, waduk ini dapat dimafaatkan untuk mengaliri irigasi se-Serang. Dia menambahkan air akan langsung dialirkan ke Sungai CIbanten.

Baca:

Tris berujar catatan kendala dalam proyek ini adalah masih adanya bidang yang belum dibebaskan. Proses pembebasan masih dilakukan dengan bantuan Pemprov Banten.

“Dalam tahun ini selesai, pas waktu peresmian beres, yang belum bebas di luar wilayah genangan,” pungkasnya.

Genangan dari bendungan ini bisa mencapai 129 hektare dari total anah 155 hekare. Selain untuk kebutuhan air baku se-Serang, bendungan ini juga akan memasok kebutuhan air ke Cilegon. Bendungan ini memiliki potensi 0,4 megawatt. (Rivai)

Next Post

Polres Serang Kota Tahan Lelaki Pemerkosa Anak Tiri

Jum Jan 17 , 2020
JL, 40, warga Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang diamankan personel Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Serang. JL diamankan setelah dilaporkan telah melakukan pencabulan terhadap anak tirinya yang masih kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Berdasarkan keterangan, kasus asusila yang dilakukan oleh ayah tirinya itu terjadi pada November […]
pencabulan ilustrasi