Wings Air Perbaharui Sistem Udara Seluruh Armada Cegah Covid 19

Wings Air (IW) memperbaharui sistem sirkulasi udara pada seluruh armadanya. Pembaharuan volume udara ini untuk menjamin pasokan udara yang bersih. Ini sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid 19.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam siaran pers Humas Lion Air Group yang diterima MediaBanten.Com, Selasa (23/6/2020) mengatakan, Wings Air adalah maskapai yang mengoperasikan 66 pesawat. Pesawat itu terdiri dari 19 ATR 72-500 dan 47 ATR 72-600.

Wings Air bekerja sesuai standar operasional prosedur (SOP). Juga secara aktif memantau evolusi masa waspada pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di seluruh jaringan rute yang dioperasikan. Wings Air fokus terhadap kesehatan dan keselamatan karyawan dan penumpang.

Wings Air telah memperbarui kinerja pada pesawat udara sesuai rekomendasi pabrikan pesawat ATR. Pembahuran mengikut perkembangan terakhir dan referensi dari Organisasi Kesehatan Dunia, regulator dan otoritas kesehatan nasional. Selain itu ini berdasarkan aturan dan pedoman yang ketat (strict guidelines), guna memastikan kembali perjalanan udara dengan aman.

Pencegahan Covid

Wings Air memaksimalkan upaya tindakan pencegahan penyebaran Covid-19. Antara lain mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan. Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang. Hal ini akan meminimalsir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang.

Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.

Volume udara kurang lebih 95 meter kubik di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit dengan mengunakan 2 buah mekanisme ECS packs Operative, 2 buah Recirculation dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segar (fresh).

Udara yang berasal dari luar pesawat akan terkumpul di area bawah lantai, kemudian didistribusikan ke jalur udara utama dan pendingin udara pada kompartemen di atas tempat duduk (personal overhead ventilation) di sepanjang kabin dan ruang kemudi (cockpit).

Baca:

Aliran Udara

Aliran udara dari atas (langit-langit kabin) bergerak satu arah ke bawah (lantai), yang meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin (blown transversally and vertically). Udara akan tersedot ke area lantai melalui panel (floor panel level) sesuai proses pada katup aliran tekanan udara (pressurization outflow valves operation).

Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat), dengan rata-rata pengerjaan 60-120 menit.

Rangkaian pembersihan rutin dan sterilisasi terus ditingkatkan pada setiap detail bagian pesawat, meliputi ruang kemudi, dapur, bagasi kabin (compartement), dinding kabin, kursi awak pesawat dan penumpang, penggantian penutup sandaran kepala (head cover) di kursi, area kargo (bagian depan dan belakang), pintu dan jendela pesawat, karpet lantai, eksterior pesawat menyeluruh, tangga menuju pesawat dan lainnya.

Untuk pencegahan virus, intensitas sterilisasi terus dijalankan dan pengawasan komprehensif. Penyemperotan berkala cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku, sebelum proses penumpang masuk ke pesawat (boarding) dan ketika pesawat selesai menjalani rotasi (pergerakan).

Pesawat ATR Wings Air dikenal lebih ekonomis dan mendukung emisi CO2 atau ramah lingkungan. Wings Air tetap berfungsi sebagai penghubung (feeder) dapat kembali mengakomodir orang dalam bepergian dari daerah setingkat kecamatan atau kabupaten, termasuk membawa kargo atau logistik, sehingga konektivitas terjaga serta semakin terhubung (more connected place). (Siaran Pers Humas Lion air Group / IN Rosyadi)

Berita Terkait