Militer

Yontankfib 2 Mar Latihan Kesenjataan Materi Naik Turun Opleger

Prajurit Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir (Yontankfib 2 Mar) melaksanakan latihan dengan materi naik turun opleger menggunakan Kendaraan Tempur (Ranpur) di Area Kolam Simulasi Rampa, Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Rabu (10/08/2022).

Ini dalam rangka Latihan Perorangan Kesenjataan (LPK) TW. III TA. 2022.

Latihan ini menggunakan Ranpur Tank PT 76 M, BMP 3F dan Opleger (kendaraan khusus pengangkut Tank).

Kegiatan ini bertujuan agar prajurit lebih terampil dan profesional dalam mengoperasikan Ranpur yang diawaki.

Materi latihan ini diperlukan kerjasama antara pengemudi Ranpur dan Komandan Kendaraan (Danran).
Kegiatan ini merupakan pengaplikasian perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Perintahnya antara lain agar senantiasa meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu yang memiliki daya gerak dan gaya tempur yang tinggi.

Komandan Batalyon Tank Amfibi 2 Marinir, Letkol Isarisnawa menyampaikan, bahwa dengan latihan ini prajurit diharapkan akan memiliki kemampuan dan keterampilan dalam naik turun Ranpur diatas Opleger.
Ini sebagai penunjang mobilitas Ranpur pada saat melaksanakan perpindahan tempat sesuai kebutuhan satuan dalam melaksanakan perintah Komando Atas.

Menurut id.wikipedia, Batalyon Tank Amfibi 2/Marinir atau Yontankfib 2/Catur Daya Cakti merupakan salah satu kekuatan inti di jajaran Resimen Kavaleri 2/Marinir, Pasukan Marinir 2.

Dalam melaksanakan tugas, fungsi dan perannya, baik sebagai pasukan pendarat amfibi maupun salah satu komponen pembangunan bangsa.

Sebagai bagian dari pasukan pendarat amfibi, Batalyon Tank Amfibi-1 Marinir mengemban misi pembinaan dan penggunaan kekuatannya dalam rangka sarana proyeksi kekuatan pasukan pendarat dari laut kedarat dalam operasi Amfibi.

Yontankfib 2/Mar mempunyai semboyan “Catur Daya Cakti” yaitu empat kekuatan yang di milikinya yaitu Daya Tembak, Daya Kejut, Daya Apung dan Daya Lapis Baja.

Tank Amfibi merupakan salah satu unsur dalam Operasi Amfibi yang merupakan gelombang pendarat pertama dalam merebut pantai yang akan di jadikan pijakan dalam penyerbuan amfibi.

Saat ini Batalyon Tank Amfibi-2 Marinir diperkuat oleh kendaraan tempur antara lain Tank PT 76, Tank PT 76 (M), AMX 10 PAC 90, BTR 80 A.

Dan salah satu kendaran terbaru dan paling mutahir baru di datangkan dari rusia dengan kekuatan yang dahsyat yaitu BMP-3F.yang memperkuat jajaran Korps Marinir dalam melaksanakan tugas yang mulia yaitu mempertahankan Kedaulatan NKRI sampai titik darah penghabisan. (Munawir- Menkav 2 Mar / Editor: Abdul Hadi).

SELENGKAPNYA
Back to top button