News

Zakaria Syafei: Pemimpin Banten Harus Punya Sifat Akhlakul Karimah

Sekretaris Muhammadiyah Banten, Zakaria Syafei hadir dalam sebuah podcast di studio Banten Podcast. Dia mengungkapkan kriteria yang layak dijadikan pemimpin banten orang yang memiliki integritas, kepribadian yang kuat, sifat akhlakul karimah.

Pemerintah harus melakukan regulasi kebijakan – kebijakan yang dapat mengantarkan kehidupan yang layak. Dia mengatakan walaupun kita mengacu pada ayat Al-Quran, rezeki tuhan itu diberikan satu sama lain berbeda.

Namun setidaknya aspek – aspek pengurangan terhadap kemiskinan harus dihindari. Oleh karena itu pemimpin harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Apabila mengacu pada politik zaman Nabi Muhammad SAW sangat jauh. Menurut dia, kapasitas kita walaupun berupaya untuk mengikuti teladan yang dicakupkan oleh Rasulullah tidak semua orang mampu mengikuti itu.

“Tapi setidaknya, sifat dan karakteristik kepemimpinan rasullulah harus dimiliki oleh calon pemimpin Banten. Setidaknya memiliki sifat amanah, sidiq, fathonah, tabligh,”ucapnya, dikutip mediabanten, Jumat (30/9/2022).

Dari sisi pribadi individu tidak semua orang itu suci, ada orang yang berusaha terjerat oleh sesuatu yang dusta akan kembali kejalan yang benar dan harus diterima di kalangan masyarakat.

“Karena memang kita akui, dengan adanya hukuman yang diberikan oleh pemerintah dalam bentuk pengurungan, bui dan sebagainya. Itu akan menjadi ajang orang tersebut intropeksi diri agar kembali ke jalan yang benar,”ujarnya.

Kemudian, sebentar lagi seluruh Indonesia akan memasuki pesta demokrasi, ada orang yang mencalonkan diri sebagai gubernur dan walikota mendekati ke tokoh ulama sebagai tameng agar mendapatkan suara yang banyak.

Zakaria Syafei menanggapi hal tersebut, dia mengatakan hal itu adalah politik identitas, oleh karena itu masyarakat harus paham dengan politik agar tidak salah pilih pemimpin

(Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button