265 Kampus Ikut Program Magang Bersertifikat Dengan BUMN

Sebanyak 265 kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), bekerjasama dengan Kementrian BUMN, mengikuti program magang bersertifikat di 110 perusahaan plat merah pada tahun 2020.

Di antaraya di PT ASDP Indonesia Ferry, yang menargetkan bisa menerima 120 mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Kalau tahun lalu (2019), kita menerima 110 mahasiswa. Harapannya tahun depan (2020) bisa 120 mahasiswa,” kata Direktur SDM dan Layanan Korporasi, PT ASDP Ferry indonesia, Wing Antariksa di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Kamis (19/12/2019).

Menurut Wing, setidaknya beberapa nama kampus yang mengikuti program tersebut yakni, UI, UNPAD, Unpar, Trisakti hingga Binus.

PT ASDP Indonesia Ferry akan menerima lulusan magang terbaik untuk bekerja di perusahaannya. Lantaran, dia mengkhususkan mahasiswa yang magang berasal dari politeknik atau jurusan pelayaran. Sehingga nantinya setelah mahasiswa itu lulus, sudah siap bekerja di ASDP.

Program magang bersertifikat sebenarnya sudah berjalan sejak tahun 2018, peserta terbanyak berasal dari Poltekpol Tangerang dan Poltekpol Surabaya sejumlah 11 orang. Kemudian di tahun 2019, peserta terbanyak berasal dari Poltek Malahayati Banda Aceh berjumlah 14 orang.

“Kebetulan kita bidang usahanya adalah transportasi (pelayaran), maka lebih banyak teman-teman dari sekolah pelayaran. Pelatihannya di darat dan di kapal, tapi lebih banyak di kapal. Dan yang terbaik dari lulusan mereka, itu akan mendapat jalur khusus untuk diterima di ASDP,” jelasnya.

Khusus untuk wilayah Papua, kementrian BUMN bekerjasama dengan forum human capital Indonesia, akan menerima 1.000 mahasiswa asal Indonesia Timur itu untuk bekerja di perusahaan plat merah.

“Program magang bersertifikat ini bagian dari program kita (BUMN) berkolaborasi dengan kampus, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ataupun politeknik,” terangnya. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Jurnalis at MediaBanten.Com
Kecepatan dalam menyampaikan laporan adalah kelebihan lelaki ini yang bergabung dengan MediaBanten.Com awal tahun 2019. Berkutat dengan laporan dari satu peristiwa ke peristiwa keahlian yang ditekuni sejak beberapa tahun terakhir. Analisisnya tentang sebuah peristiwa terkadang membuat pihak lain terkaget-kaget. Karya jurnalistiknya disampaikan dengan kalimat pendek dan ringkas.
Yandhi Deslatama

Berita Terkait