Sepabola

Media China Sebut Timnas Indonesia Potensi Kena Hukuman AFC

Timnas Indonesia berpotensi mendapatkan huku dari AFC buntut keributan saat menghadapi Timnas Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh media China jelang Timnas Indonesia vs China pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Qindao, Selasa (15/10/2024).

Keributan itu terjadi karena Garuda tak puas dengan hasil kepimpinan wasit kontroversial Ahmed Al Kaf.

Keputusan wasit tersebut membuat hasil laga akhir imbang 2-2 yang dinilai merugikan Timnas Indonesia.

Salah satu kontroversial yang kini menjadi sorotan dunia adalah tambahan waktu atau injury time. Setelah memberikan injury time sebanyak 6 menit.

Wasit asal Oman itu baru menghentikan pertandingan setelah Bahrain mencetak gol penyeimbang pada menit ke-11.

Media China, Sohu menulis pemain Indonesia dan Bahrain sempat terjadi bentrokan dengan keras. Bek pengganti Shayne Pattynama melambaikan tangan dengan nada menghina ke arah wasit.

Petugas keamanan stadion akhirnya turun tangan ke lapangan untuk mengamankan situasi dan mengisolasi pemain dari kedua kubu yang bentrokan,” tulisnya.

Atas kejadian itu, kata Sohu, perilaku buruk pemain Indonesia setelah pertandingan, AFC bisa saja memberikan sanksi terhadap kedua belah pihak yang terlibat.

Hal itu sehingga kedua tim bisa terancam dengan sanksi berat berupa pengurangan poin dari AFC.

Atas dasar itu, bila hukuman pengurangan poin terjadi maka dianggap menguntungkan China. Tim asal Negeri Tirai Bambu ini bisa menyalip keduanya di klasemen grup C.

“Tim China bisa berada di posisi yang bagus dan timnas China nantinya bisa menyalip mereka, dan pastinya bisa lolos ke babak play-off.

Editor: Abdul Hadi

Abdul Hadi

Back to top button