Parlemen

Anak Mantan Bupati Mungkin Ganti Anggota DPRD Kab Serang Meninggal

Eki Bayhaki, anak mantan Bupati Serang dua periode, Taufik Nuriman dimungkinkan untuk menggantikan Toni Nasroni, anggota DPRD Kabupaten Serang asal Partai Demokrat yang meninggal, Senin (22/11/2021), sekitar pukul 02.00 WIB.

Namun Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Zaenal Abidin menyebutkan, pergantian antar waktu (PAW) tergantung Partai Demokrat dan perolehan suara dalam Pileg 2019.

“Kami medoakann mudah-mudahan beliau khusnul khatimah, diterima iman Islamnya, amin,” ucap Zaenal Abidin usai menghadiri pelantikan Kades di Pendopo Pemkab Serang.

Zaena mengatakan, terkait proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD itu sesuai dengan Peraturan KPU yang akan ditempati oleh suara terbanyak kedua atau bisa melalui rekomendasi partai politik.

“Ya tentu suara terbanyak, satu suara terbanyak kedua, kedua juga ada rekomendasi dari partai politik,” katanya

Dijelaskan Zaenal, proses PAW tidak bisa dipastikan berapa lamanya, karena pada proses PAW tersebut dimulai dari partai terlebih dahulu lalu kemudian diteruskan ke DPRD setelah itu di proses ke KPU Kabupaten Serang.

Baca Juga:   Anggota DPRD Kab Serang Bolos, Rapat RPJMD Ditunda Senin Depan

“Wah itu tergantung partai prosesnya, dari partai ke DPRD, dari DPRD baru ke KPU. Begitu,” jelasnya

Zaenal menambahkan, yang menempati posisi PAW anggota DPRD Kabupaten Serang fraksi Demokrat ada kemungkinan diisi oleh suara terbanyak kedua yakni Eki Bayhaki, anak mantan Bupati Serang dua periode, Taufik Nuriman..

“Iyah mungkin bisa diisi oleh Eki Bayhaki, karena saya belum bisa mengatakan iya karena belum melihat secara fakta,” pungkasnya. (Reporter: M Uqel / Editor: Iman NR)

M Uqel

SELENGKAPNYA
Back to top button