Keuangan

Batas Akhir PBB, Warga Serbu UPT Wilayah 1 Bapenda Kab Tangerang

Warga memadati Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pajak Daerah Wilayah 1 Bapenda Kabupaten Tangerang di Jl Aria jaya santika No.3 Desa Pasir nangka, Tigaraksa Tangerang, Selasa (31/8/2021). Mereka merupakan wajib pajak (WP) yang hendak membayar pajak karena hari itu merupakan batas akhir pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Para WP berasal dari Kecamatan Tigaraksa, Cikupa, Panongan, Jambe, Cisoka, dan Solear datang berbondong- bondong untuk membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) di penghujung bulan Agustus.

“Ini puncak lonjakan para WP melunasi PBB, makanya mereka datang menyerbu Mas,” Dholly Oktafi Adhi, singkat Kepala UPT PD wilayah 1 Bapenda.

Kata Dholly, para WP seharusnya tidak bersusah payah antre untuk membayar PBB di Kantor Kas BJB Perbantuan UPT Wilayah 1. Sebab para WP bisa membayar PBB melalui aplikasi seperti Tokopedia, Bukalapak, Link Bersama dan aplikasi lain yang berkerjasama dengan Bapenda.

Baca Juga:   Bapenda Kota Tangerang Luncurkan Pengurangan BPHTB dan PBB 2021

“Pembayaran bisa dilakukan di Tokopedia, Buka lapak, Link Bersama bisa. Jadi masyarakat tidak perlu antre di Bank BJB,” ujarnya.

Cara pembayaran itu untuk memudahkan para WP tanpa perlu mendatangi lokasi pembayaran. Hal tersebut juga, untuk menghindari kerumunan dan memutus mata rantai paparan virus Covid 19.

Pelayanan lainnya bisa dengan cara menghubungi call centre Bapenda di Nomor 081286467678. “Pengajuan aktivitas PBB bisa lewat Whatsapp centre. Tapi, untuk pengajuan penerbitan baru, mutasi (PBB) itu harus ke kantor karena ada dokumen yang harus diverifikasi,”. Imbuhnya.

Dholly mengaku, para pegawai harus berkerja lebih lama pada saat terjadi lonjakan pembayaran atau permintaan pelayanan pajak daerah dari Bapenda Kabupaten Tangerang.

“Biasanya 100 WP per hari, untuk sekitar tanggal 25 sampai akhir bulan bisa 200 WP. Semua akan kami layani, Kan kasian WP yang sudah datang apalagi yang dari jauh,” ujarnya.

Baca Juga:   BPKAD Benarkan, Realisasi Baru 27% dari Rp89 M Dana Covid Asal DAU

Dholly berpesan kepada WP di Kabupaten Tangerang, agar membayar pajak tepat waktu. Sebab uang pajak yang dibayar para WP itu diperuntukan membangun daerah.

“Dengan membayar pajak tepat pada waktunya, para WP turut membangun bersama Kabupaten Tangerang,” katanya. (Reporter: Iqbal Kurnia / Editor: IN Rosyadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button