BPBD Banten Gelar Simulasi Tsunami di Bagedur

Foto: BPBD Banten

BPBD Provinsi Banten menggelar gladi dan simulasi bencana tsunami di Lapangan Bageudur Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak-Banten, Kamis, (23/11/2017).

Camat Malingping, Sukanta, yang menyampaikan amanat Bupati Lebak mengatakan, simulasi ini digelar untuk menjauhkan masyarakat dari bencana dan menjauhkaan bencana dari masyarakat, “Penanganaan bencana yang terintegrasi, sehingga penanggulangan bencana dapat dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh,” ujarnya.

Berbagai unsur di Provinsi ini, seperti pemerintah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten, Muspika Kecamatan di lebak selatan, Palang Merah Indonesia, relawan, serta masyarakat berkumpul di lapangan tersebut sekitar pukul 09.00 WIB, dan ketika sirene berbunyi, masyarakat mulai berlarian.

Kepala BPBD Banten, Sumawijaya mengatakan, simulasi ini digelar untuk memberikan pengetahuan dalam upaya penanggulangan bencana tsunami kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai, “penanggulangan bencana ini tidak hanya pada penanggulangan bencana tanggap darurat, melainkan pada seluruh potensi bencana, dan untuk kegiatan seperti ini sebelumnya memang tidak hanya dilakukan di Kecamatan Malingping, tapi di Bayah sudah dan di Wanasalam juga sudah,” ujarnya.

Selain itu, Sumawijaya juga mendatangi masyarakat yang ada di tenda dan berpesan agar ilmu atau pengetahuannya tentang sigap dalam bencana dimanfaatkan dengan baik, serta mengucapkan terimakasih kepada masyarakat sudah ikut serta dalam kegiatan tersebut. (Adityawarman)

Berita Terkait